Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,

Jumhur ulama Salaf seperti Imam Abu Hanifah, Imam Malik dan Imam-imam yang
lainnya melarang membaca al-Qur'an di pemakaman, dan inilah nukilan pendapat
mereka:

Pendapat Imam Ahmad, Imam Abu Dawud berkata dalam kitab Masaa-il  Imam Ahmad
hal. 158: “Aku mende-ngar Imam Ahmad ketika beliau ditanya tentang  baca
al-Qur-an di pemakaman? Beliau menjawab: “Tidak boleh.”

Syaikhul  Islam Ibnu Taimiyyah berkata: “Dari asy-Syafi’i sendiri tidak terdapat
perkataan  tentang masalah ini, yang demikian ini menunjukkan bahwa (baca
al-Qur-an di  pemakaman) menurut beliau adalah BID’AH. Imam Malik berkata:
‘Tidak aku dapati  seorang pun dari Sha-habat dan Tabi’in yang melakukan hal
itu!’”

Lihat  Iqtidhaa’ Shirathal Mustaqim (hal. 380), Ahkaamul Janaa-iz (hal.
191-192).

Lebih jelasnya, silahkan antum baca di link berikut beserta dalil-dalil dan
penjelasannya.

Membacakan Al-Qur'an Untuk Mayathttp://www.almanhaj.or.id/content/617/slash/0
Bacaan Surat Yasin Bukan Untuk Orang Mati
http://www.almanhaj.or.id/content/2046/slash/0

Wallahu a'lam bish shawab

 Al-Faqir ila ‘Maghfirati Rabbih
Abu Abdirrahman