Wa'alaykumussalaam warohmatullohi wa barokaatuh.

Kalau dari yang ana baca di Terjemah Kitab Sifat Sholat Nabi karya
Syaikh Albani, menjahrkan bacaan Al-Fatihah dan surat ketika sholat
malam dibolehkan.

Dalilnya pernah Rosululloh keluar dari rumah beliau pada pertengahan
malam. Beliau melewati Abu Bakar rodliyallohu 'anhu yang men-sirr kan
bacaan suratnya dalam sholat malam dan Umar bin Khaththab rodliyallohu
'anhu yang menjahr-kan bacaan sholatnya.

Keesokan harinya beliau shollallohu 'alayhi wa sallam memanggil
keduanya dan menanyakan hal tsb. Abu Bakar rodliyallohu 'anhu
berkata,"Aku bermunajat kepada Dzat Yang mendengar segala sesuatu".
Sedangkan 'Umar rodliyallohu 'anhu berkata,"Aku bermaksud membangunkan
orang yang ttidur dan lalai untuk sholat malam."

Maka Rosululloh shollallohu 'alayhi wa sallam bersabda,"Abu Bakar,
keraskan suaramu. Umar, rendahkan suaramu." [Perowinya bisa dilihat di
buku tsb., insya Alloh shohih]

Intinya pertengahan. Salah satu hikmahnya untuk menghilangkan rasa
kantuk yang mungkin menyerang jika kita membaca suratnya secara sirr
(lirih).

Wallohu a'lam.

Mungkin ikhwan/akhwat yang lain bisa menambahkan/mengoreksi ....

--
“Al-‘Ilmu Qoblal Qoul wal ‘Amal”

Ilmu Dulu Sebelum Berkata dan Berbuat