> From: qonita_sole...@yahoo.com
> Date: Tue, 16 Nov 2010 22:08:37 +0000
> Assalamualaikum wrwb,
> Ada ptanyaan : apakah hukum iqomat pd sholat fardhu yg di imami wanita? siapa
> yg seharusnya melakukan iqomat pada saat sholat bjamaah, dimana diimami oleh
> imam wanita tsb?
> Terimakasih.

HUKUM ADZANNYA WANITA
http://www.almanhaj.or.id/content/122/slash/0
APAKAH DISYARIATKAN ADZAN DAN IQAMAT BAGI KAUM WANITA
Oleh
Syaikh Abdul Aziz bin Baaz
http://www.almanhaj.or.id/content/124/slash/0

Pertanyaan
Syaikh Abdul Aziz bin Baaz ditanya : Apakah di Syari'atkan adzan dan iqamat
bagi kaum wanita, baik sedang dalam perjalanan ataupun yang tidak, dan saat
sendiri ataupun sedang bersama-sama ?

Jawaban
Tidak disyariatkan bagi kaum wanita untuk melaksanakan adzan dan iqamat baik di
dalam perjalanan ataupun tidak. Adzan dan iqamat merupakan hal yang dikhususkan
bagi kaum pria sebagaimana disebutkan dalam hadits-hadits shahih dari
Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam.

ADZAN WANITA DI TENGAH-TENGAH KAUM WANITA ATAU SAAT SENDIRIAN
Oleh

Al-Lajnah Ad-Da'imah Lil Ifta'

Pertanyaan
Al-Lajnah Ad-Da'imah Lil Ifta' ditanya : Apakah wajib bagi wanita melakukan
adzan dan iqamat untuk mendirikan shalat seorang diri di dalam rumah atau saat
melakukan shalat jama'ah sesama kaum wanita ?

Jawaban
Tidak diwajibkan bagi kaum wanita untuk melakukan hal itu dan juga tidak
disyari'atkan bagi mereka untuk adzan dan iqamat.

[Fatawa Al-Lajnah Ad-Da'imah Lil Ifta' I/83, No. 9419]

APAKAH SEORANG WANITA HARUS IQAMAT SAAT IA MENJADI IMAM

Oleh
Al-Lajnah Ad-Da'imah Lil Ifta'

Pertanyaan
Al-Lajnah Ad-Da'imah :Lil Ifta' ditanya : Saya telah mengetahui bahwa seorang
wanita tidak boleh iqamat, lalu pakah disyari'atkan baginya beriqamat jika ia
mengimami shalat kaum wanita.?

Jawaban
Tidak disunnahkan beriqamat bagi jama'ah shalat kaum wanita yang diimami wanita
pula. Ketetapan ini juga berlaku bagi wanita yang melakukan shalat sendiri,
sebagaimana tidak disyari'atkan bagi mereka mengumandangkan adzan.

[Fatawa Al-Lajnah Ad-Daimah Lil Ifta' hal. 84 No. 5176]

[Disalin dari buku Al-Fatawa Al-Jami'ah Lil Mar'atil Muslimah, edisi Indonesia
Fatwa-Fatwa Tentang Wanita, penyusun Amin bin Yahya Al-Wazan, terbitan Darul
Haq, penerjemah Amir Hamzah Fakhruddin]