Dari Hadits,

Mu’adzah bertanya pada ‘Aisyah,

أَكَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَصُومُ ثَلاَثَةَ أَيَّامٍ مِنْ
كُلِّ شَهْرٍ قَالَتْ نَعَمْ. قُلْتُ مِنْ أَيِّهِ كَانَ يَصُومُ قَالَتْ كَانَ
لاَ يُبَالِى مِنْ أَيِّهِ صَامَ. قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ
صَحِيحٌ

“Apakah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berpuasa tiga hari setiap
bulannya?” ‘Aisyah menjawab, “Iya.” Mu’adzah lalu bertanya, “Pada hari apa
beliau melakukan puasa tersebut?” ‘Aisyah menjawab, “Beliau tidak peduli
pada hari apa beliau puasa (artinya semau beliau).'[ HR. Tirmidzi no. 763
dan Ibnu Majah no. 1709. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini *
shahih* ]**

Syaikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin menjelaskan, “Puasa tiga hari setiap
bulannya boleh dilakukan pada sepuluh hari pertama, pertengahan bulan atau
sepuluh hari terakhir dari bulan Hijriyah, atau pula pada setiap sepuluh
hari tadi masing-masing satu hari. *Puasa tersebut bisa pula dilakukan
setiap pekan satu hari puasa. Ini semuanya boleh dan melakukan puasa tiga
hari setiap bulannya ada keluasan melakukannya di hari mana saja*. Oleh
karena itu, ‘Aisyah mengatakan, “Beliau tidak peduli pada hari apa beliau
puasa (artinya semau beliau di awal, pertengahan atau akhir bulan hijriyah)”
[ *Syarh Riyadhus Sholihin*, 3/470 ]

Dari kutipan hadits dan penjelasan syaikh Utsaimin diatas, maka
diperbolehkan puasa yang dimaksud oleh penanya. Tentunya dengan tetap
menghindari hari2 yang dilarang bagi kita berpuasa. Wallahu'alam

Sumber:
http://rumaysho.com/hukum-islam/puasa/2922-lakukanlah-puasa-sunnah-minimal-sebulan-3-kali.html

Abu Yazid Abdul Hamid