Wa'alaykumsalam warahmatullahi wabarakatuh...

Sebagai tambahan, dalam kedokteran gigi, sariawan masuk ke dalam lingkup
penyakit mulut.. "Sariawan" atau aphtoe sebenarnya banyak jenisnya. Namun yang
paling umum dan sering hilang timbul biasa disebut Stomatitis Aphtosa Recurent
(SAR).. Dan memang pada bbrp penelitian dikaitkan dengan imunologi serta
hormonal, dan tidak ada hubungannya dengan cuaca.

Namun sebelum membahas pengobatan lebih lanjut, perlu dipastikan lagi jenis
"sariawan" ini.. Letaknya dimana, apakah di mukosa bibir atau pipi, ataukah di
gusi.. Karena saya sering menemukan pasien anak2, yg org tua mengatakan
keluhannya adalah sariawan, tp setelah pemeriksaan, sariawan tersebut ternyata
adalah "fistula" (lubang keluar nanah akibat gigi berlubang yg sudah mati) yang
penampakannya scr klinis memang seperti sariawan.. Dan juga kondisinya bisa
hilang timbul.
Tentunya penanganan kedua kondisi ini sangat jauh berbeda. Sehingga perlu
dipastikan lagi kondisi sariawan yg dimaksud.

Mengenai pengobatan utk sariawan yang memang benar2 adalah SAR, saya
menyarankan dengan mengkompres dengan kasa yang sudah dibasahi dengan Obat
kumur yg mengandung Chlorhxidine, atau pilihan lain dengan mengulasi sariawan
tsb dengan kenalog.

Tapi sebelumnya, utk mendapatkan diagnosa yg lebih tepat, lebih baik
diperiksakan ke dokter gigi, sehingga mendapat penanganan yg tepat.. Jika
pasien masih usia anak2, dalam kedokteran gigi, pasien sampai dengan usia 12
tahun yaitu telah mencapai periode gigi permanen (gigi sulung telah lepas
semuanya), maka baiknya diperiksakan ke dokter gigi khusus anak2 atau biasa
disebut sbg "pedodontist/Sp.KGA" atau dapat jg langsung dikonsultasikan dg
dokter gigi Sp. Penyakit Mulut (oral medicine).

Demikian penjelasan singkat dari saya, mohon maaf apabila terdapat kekurangan.
Insya Allah bermanfaat.

Wassalamu'alaykum,
Arinda Yunita, drg, Sp.KG
Sent from my StrawBerry® smartphone from Sinyal Ngepas XL, Ngadat Teruuusss...!