maaf prof, kalau soal referensi saya lupa. saya hanya pernah membaca,
bahwa regulator panas tubuh kita ada pada hipotalamus. saat kita demam,
dan merasa panas dingin, set up regulator panas tubuh kita di
hipotalamus mengalami gangguan, sehingga kalau seperti AC, set up tubuh
normal menurut hipotalamus mengalami gangguan, yang harusnya di set up
antara 36,5 sampai 37,5 derajat celcius, ini mungkin lebih tinggi.
sehingga tubuh dipaksa mengikuti set up yang salah dari hipotalamus ini.
sehingga walaupun suhu tubuh kita sudah lebih tinggi dari normal,kita
masih merasa kedinginan, dan kalau perbedaan set up antara hipotalamus
dengan suhu tubuh kita yang sebenarnya terlalu jauh, maka tubuh akan
berusaha menaikkan suhu tubuh agar sama dengan set up yang di inginkan
hipotalamus, salah satu caranya dengan menggigil. karena dengan
menggigil tubuh kita akan bergerak dan menghasilkan panas sehingga
meningkatkan suhu tubuh.nah kalau saat kita demam ini di kompres dengan
air dingin, maka perbedaan suhu tubuh dengan set up (bahasa gampangnya
"keinginan") hipotalamus semakin jauh sehingga malah tubuh akan
menggigil untuk menaikkan suhu tubuhnya agar sesuai dengan hipotalamus.
ya ini yang saya ingat dari makalah yang saya baca. kalau saya salah
saya mohon maaf. mungkin prof bisa bertanya kepada kawan prof salamun
yang dokter anak atau yang sesama profesor di bidang anak.