Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Menyusukan anak itu sepenuhnya diatur oleh sang ibu.

Bahkan Allah tidak memberikan keharusan tentang menyusukan bayi.
Allah hanya menyarankan agar bayi disusukan genap 2 tahun lamanya.
Maha Besar dan Maha Mengetahui Allah.

Saya sebagai seorang Akhli, bisa menjelaskan kenapa bayi disusukan 2 tahun
lamanya.

Silahkan Ibu mengatur pemberian susu ibu tersebut sesuai ketetapan yang ibu
yakini.

Kalau ibu berat ingin menyusukan sampai dua tahun, berangkatlah menunaikan
ibadah haji,setelah anak selesai berusia 2 tahun.
Ibadah haji bisa diatur waktunya, tetapi umur anak berjalan dari hari kehari
dari bulan kebulan dari tahun ketahun.

Selain daripada itu saya ingin bertanya apakah air susu ibu masih cukup untuk
diberikan kepada bayinya.

Kalau tidak cukup, maka berbahaya bahwa ibu masih menyusui; anak bukan netek
namanya tetapi
ngempeng.
Wassalam
Prof DR Dr KH Salamun Sastra