From: Yudhitia Pratama <yudhitia.prat...@gmail.com>
To: assunnah@yahoogroups.com
Sent: Monday, September 12, 2011 8:34 PM
Subject: Re: [assunnah] OOT : Efek penyakit aca

@akhi Rozali,

afwan.. setahu ana Penyakit ACA itu bukan Syaraf kejepit, tapi....

Definisi ACA (Anti body
Anticardiolipin)
Penyakit
darah kental atau sindrom ACA atau sering juga dikenal dengan sindrom hughes
sesuai dengan nama penemunya, merupakan sebuah penyakit autoimun
dimana tubuh memproduksi antibodi yang menyerang bagian tubuh sendiri.
Sindrom
ACA sendiri merupakan indikasi dari APS (antibody antiphospholipid syndrome)
yaitu kekurangan cairan dalam darah yang menyebabkan mudahnya terjadi
perlekatan antar trombosit yang menyebabkan darah membeku (thrombosis).
Angka ACA sering dipakai untuk mengindikasikan adanya sindrom ini ketika
dilakukan
pemeriksaan serologi darah. Seseorang dikatakan terkena ACA positif pada saat
nilai ACA > 20 MPL.
Bahayakah Sindrom ACA ?
ACA
dengan nilai yang tinggi akan berbahaya karena menyebabkan rentetan gangguan
pada tubuh. Sel tubuh yang tidak mendapatkan nutrisi akan mati dan kemudian
akan menyebabkan kerusakan jaringan dilanjutkan dengan organ. Karena itu
sindrom ACA dapat berlanjut menjadi penyakit jantung,
stroke, gagal ginjal dan lain-lain. Pada ibu hamil, sindrom ACA dapat
menyebabkan keguguran karena tidak lancarnya suplai nutrisi kepada janin dan
memicu preeklamsia.
Gejala Sindrom ACA
Gejala
yang dapat mengarah ke sindrom ACA, antara lain:
        * Pusing yang berlebihan
        * Migren yang berulang
        * Vertigo
        * Biru-biru pada kulit dan ujung jari,
        * Penurunan daya ingat
        * Tuli sesaat
        * Pada ibu hamil terjadi mual dan pusing yang berlebihan, dan gejala
ekstrimnya adalah keguguran berulang.
Faktor Risiko
Beberapa
dokter mengatakan sindrom ACA lebih dikarenakan faktor gaya hidup daripada
penyakit turunan atau genetik, tetapi adanya
penderita sindrom ACA anak-anak, membuat pendapat ini diragukan. Meski langka,
ada penderita sindrom ACA karena faktor genetis.
Gaya
hidup yang tidak sehat seperti merokok, jarang berolahraga, mengkonsumsi
makanan dengan tingkat kolesterol tinggi dan kurang serat dan mudah
stres akan memicu terjadinya sindrom ini. Wanita yang mengkonsumsi oral
kontrasepsi hormonal juga terindikasi mempunyai faktor risiko yang lebih besar.
Pengobatan
Pada
dasarnya obat-obatan yang diberikan adalah untuk mengencerkan dan membebaskan
darah dari penggumpalan (antikoagulan). Jenis obat-obatan
untuk mengatasi sindrom ACA antara lain, aspirin, aspilet, heparin, wafarin,
ascardia, dan inviclot. Obat dengan jenis antikoagulan biasanya disuntikkan
pada jaringan kulit dan dapat dilakukan secara mandiri oleh penderita.
source
: http://ircintana.wordpress.com/2009/04/17/aca-sindrom-anticardiolipin-sindrom-darah-kental/