Assalamualaykum,

Istri saya mempunyai tante yang bisu tuli dari lahir. Untuk komunikasi
lewat isyarat pun kadang suka kesulitan. Ada beberapa frase kata yang susah
diterjemahkan ke dalam isyarat karena memang dari dulu tidak pernah
diajarkan bahasa isyarat. Isyarat yang dilakukan hanya sebatas
sepengetahuan/insting dia dan keluarga. Sekarang beliau sudah berumur 50th
lebih. Mungkin karena keterbatasan ilmu dari orangtuanya dahulu, beliau
tidak pernah diajarkan untuk sholat. Sampai sekarang pun mau diajarkan
sholat, kami keluarganya bingung harus pakai isyarat apa? Sering
dicontohkan, tapi untuk dijadikan rutinitas bagaimana kita mau beritahu
alasannya?

Bagaimana hukum nya untuk tante Istri saya tersebut? Apakah sholat masih
wajib baginya? Untuk indera lainnya, Alhamdulillah semua sehat. Atau di
sini ada yang punya pengalaman seperti saya?

jazakumullahu khayran

Kirim email ke