Wa'alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh.

Sekedar sharing pengalaman saya & teman saya dulu waktu kena tilang di
Surabaya. Ada dua cara yang bisa dilakukan, yaitu :
1. Mengikuti Sidang
Yaitu dengan datang pada tanggal persidangan ke kantor pengadilan negeri
surabaya jln. raya arjuna. Prosedur disana adalah antri yang cukup lama
sampai nama kita dipanggil di persidangan & lalu hakim akan membacakan ttg
"masalah" kita & akan diketok palu besarnya denda kita. Jika ingin membela
diri sebenarnya bisa dilakukan pada saat ini (spt dulu kisah seorang
pengacara di sby ditilang gara2 plat nomor mobilnya yg tidak standart lalu
dia banding di pengadilan & akhirnya dia memenangkan perkaranya), tapi
biasanya kita sih pasrah saja menerima keputusan hakim. Jika sudah langsung
bayar di tempat yg ditentukan & ambil SIM kita.
2. Dengan Tidak Mengikuti Sidang
Yaitu dengan datang 1 hari setelah tanggal sidang. Caranya yaitu dengan
datang ke tempat yang sama dengan diatas (PN Surabaya) tetapi langsung
menuju ke LOKET Pengambilan SIM/STNK (LOKET Resmi & ada petunjuk arahnya)
yang kena tilang. Antum bisa tanya saja tempatnya ketika sampai disana,
tetapi hati2 banyak calo yg menawarkan jasa pengambilan SIM/STNK. Abaikan
saja calo2 tsb, langsung menuju ke LOKET Pengambilan SIM/STNK saja. Nanti
disana (di loket) kita tinggal menyerahkan surat Tilang kita ke petugas
loket, lalu petugas loket akan mencari SIM/STNK kita yg kena tilang dan
setelah ketemu kita akan diberitahukan berapa rupiah yang harus kita
bayarkan. Tinggal bayar, lalu SIM/STNK kita akan diserahkan oleh petugas,
maka selesailah urusan Tilang ini...
Alhamdulillah cara yang kedua ini dulu yang saya lakukan dan hanya kurang
dari 10 menit urusan sudah beres.. karena kebetulan di loketnya tidak pakai
antri..

Silahkan antum coba yang menurut antum terbaik pak davidmuis...
Semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.
Adibomo Abu Zaid

Kirim email ke