Yang menjadi dalil keutamaan puasa pada awal Dzulhijjah adalah hadits dari
Hunaidah bin Kholid, dari istrinya, beberapa istri Nabi shallallahu `alaihi wa
sallam mengatakan,

"Rasulullah shallallahu `alaihi wa sallam biasa berpuasa pada sembilan hari
awal Dzulhijah, pada hari `Asyura' (10 Muharram), berpuasa tiga hari setiap
bulannya, …"[3] HR. Abu Daud no. 2437. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits
ini shahih.

Dari artikel Puasa di Awal Dzulhijjah — Muslim.Or.Id by null