> From: nea_...@yahoo.com
> Date: Tue, 17 Sep 2013 11:23:23 +0000
> Assalamu'alaikum warahmatullohi wabarakatuh..
> Dgn segala kerendahan hati, saya ingin btanya :). Bolehkah seseorang
> menyumpahi muslimin lainnya untuk suatu kebaikan? Contohnya "Jangan keluar
> naek motor dgn anak-anak krn bahaya terluka. Jika dilanggar maka kalian akan
> jungkir balik."
> Mhn masukannya..
> Trimakasih
> Sent from my BlackBerry®

MENDOAKAN KEJELEKAN ATAS ANAK KETIKA BERBUAT SALAH
Oleh
Syaikh Abdullah bin Jibrin

Pertanyaan.
Syaikh Abdullah bin Jibrin ditanya : Banyak orang tua yang merespon kesalahan
dan kekeliruan anak-anak mereka dengan laknat dan kutukan. Mohon penjelasannya
untuk mereka (para orang tua) dalam masalah ini!

Jawaban.
Kami berpesan agar orang tua memaafkan dan memaklumi kekurangan anak-anak di
masa kecil, bersabar dari ucapan atau kekurang ajaran mereka, karena akal
mereka belum matang sehingga terkadang masih sering melakukan kesalahan dalam
ucapan maupun tingkah laku. Orang tua yang arif akan memaafkannya dan mengajari
etika dengan lemah lembut, mengasihi dan menasehati sehingga akan lebih
diterima dan merubah moralnya.

Akan tetapi sebagian orang tua terjebak dalam kesalahan fatal, yaitu mendo’akan
anak-anak dengan kematian, penyakit, bencana dan malapetaka, dan ini sering
dilakukan. Tetapi begitu kemarahannya mereda, ia hanya bisa menyesal dan sadar
kalau ia keliru, serta mengikuti kebenciannya terhadap sumpah serapah yang
buruk tersebut. Sebenarnya orang tua tidak menginginkannya karena rasa sayang
dan kasih yang tertanam pada hatinya kepada anak. Faktor pemicunya hanyalah
kemarahan yang sangat. Padahal Allah Maha Memaafkan. Dia berfirman.

وَلَوْ يُعَجِّلُ اللَّهُ لِلنَّاسِ الشَّرَّ اسْتِعْجَالَهُمْ بِالْخَيْرِ
لَقُضِيَ إِلَيْهِمْ أَجَلُهُمْ

Dan kalau sekiranya Allah menyegerakan kejahatan bagi manusia seperti
permintaan mereka untuk menyegarakan kebaikan, pastilah diakhiri umur mereka.
[Yunus/10 : 11]

Kewajiban orang tua adalah sabar dan menahan diri terhadap (perilaku) anak-anak
dan memberikan sanksi terhadap mereka dengan pukulan yang menyebabkannya jera,
karena anak-anak akan terpengaruh dengan pukulan lebih banyak daripada hanya
sekedar arahan dan ucapan.

Adapun menyumpahi anak, maka hal itu tidak akan member manfaat kepadanya.
Seorang anak kecil tidak akan mengerti apa yang diucapkan padanya (dari cacian
dan sumpah serapah), sumpah orang tua (ketika terucap) telah tercatat sebagai
amal buruknya, sementara sang anak tidak akan mendapatkan manfaat darinya.

[Fatawa Islamiyah 4/141]
Selengkapnya baca di
http://almanhaj.or.id/content/1677/slash/0/keistimewaan-mendidik-anak-mendoakan-kejelakan-atas-anak-ketika-berbuat-salah/