TEMPOInteraktif.com | Jum'at, 06 Agustus 2010 | Artis Wyclef Jean
mempersiapkan diri untuk mengumumkan sebagai calon presiden Haiti.
Karena itu, Jean mundur dari lembaga bantuan yang didirikannya untuk
Haiti.

Jean mengumumkan dirinya mundur sebagai kepala lembaga Yele Haiti mulai
Kamis (5/8). Penyanyi kelahiran Brooklyn, Amerika Serikat, ini sedang
menuju kampong halamannya di Hait. Jean diperkirakan secara resmi
mencalonkan diri sebagai presiden Haiti di Komisi Pemilihan Umum di
ibukota Haiti, Port-au-Prince, Kamis malam waktu setempat.

“Saya tidak pernah meninggalkan komitmen saya untuk Haiti. Sebaliknya,
apapun langkah yang saya ambil selanjutnya, satu yang pasti: fokus saya
adalah membantu arah Haiti ke lembaran baru akan semakin kuat,” ujar
Jean dalam pernyataanya.

Untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Jean, pengusaha Derek Q. Johnson
akan memimpin Yele Haiti.

Jean mendirikan Yele Haiti lima tahun lalu untuk mengumpulkan dana dan
membangun kewaspadaan terhadap masalah di kampung halamannya yang
miskin. Lembaga tersebut sempat menggaet dana sebesar US$ 9 juta
setelah gempa 12 Januari menewaskan sekitar 300 ribu warga Haiti. Untuk
itu, menurut juru bicara Jean, Cindy Tanebaum, mereka telah
menggelontorkan US$ 1,5 juta untuk makanan, air, tenda, pakaian, dan
produk lain bagi korban gempa.

Lembaga yang diambil namanya dari salah satu lagu Jean tersebut
terkadang bekerja sama dengan Persatuan Bangsa-Bangsa dan badan lain
untuk melaksanakan programnya. Namun, Yele Haiti menuai kritik karena
ada dugaan korupsi dalam dana bantuan gempa. Jean dituding menerima
bayaran dari Yele jika Jean tampil di acara penggalangan dana.

Jean membantah tudingan tersebut. Ia pun sempat menangis dalam jumpa
pers usai gempa. Yele juga menyewa firma akuntan untuk menyelidiki
tuduhan itu.

Pada Rabu, situs The Smoking Gun melansir dokumen-dokumen yang
mengindikasikan Jean mengutang pajak sebesar US$ 2,1 juta ke pemerintah
Amerika Serkat. Pihak Jean enggan menanggapi tudingan tersebut.

Jean sendiri saat ini dalam perjalanan menuju Haiti dan tidak bisa
dimintai komentar. Dari sebuah pesawat pribadi, Jean menulis di
Twitter: “Tinggal landas ke Haiti saya dan keluarga saya akan membuat
keputusan terbesar dalam hidup kami.”

Di Port-au-Prince beberapa penggemar Jean menyuarakan dukungan kepada
Jean untuk mencalonkan diri menjadi presiden Haiti.

Jean dikenal sebagai personel The Fugees bersama Lauryn Hill dan
Prakazrel 'Pras' Michel.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

--
Posted By NINO to AstroDigi at 8/23/2010 02:00:00 AM

Kirim email ke