----- Original Message -----
Sent: Tuesday, March 28, 2017 7:21 PM
Subject: [AstroDigi] Turn Off Windows 10 Update

 AstroDigi.com | Selasa, 28 Mar 2017 | Dalam beberapa kesempatan OS Windows 10
yang saya pergunakan sempat membuat saya kesal karena melakukan update secara
otomatik, tanpa meminta persetujuan saya terlebih dahulu sebelum melakukan
upadate. Fasilitas auto-update yang ada di Windows 10 ini juga tidak melakukan
proses update secara silent di background dari OS.

Saya membeli laptop dengan OS bawaan berupa Windows 7, dan tak lama berselang
saat terhubung ke internet, Microsoft menawarkan untuk upgrade ke Windows 10,
dengan cara mengirimkan notifikasi OS. Setelah upgrade ke Windows 10 memang
saya merasakan banyak kelebihan dari OS ini, selain kecepatan eksekusi yang
lebih baik, menu yang lebih menarik dan juga beberapa fitur tambahan yang
mempermudah pengguna membuat bekerja menjadi lebih nyaman.

Namun ternyata salah satu kekurangan dari OS ini adalah fasilitas update-nya
yang prosesnya bisa berlangsung tanpa diawali satu opsi apapun bagi user untuk
memilih tidak melakukan update terlebih dahulu. Proses download komponen update
memang berlangsung silent, namun bila proses download belum selesai saat kita
akan memadamkan OS maka akan ada pemberitahuan agar kita tidak mematikan
komputer terlebih dahulu karena proses download komponen update sedang
berlangsung.

Hal ini tentu saja sangat mengganggu, karena seringkali saya perlu mematikan
komputer segera untuk kemudian melanjutkan diri dengan kegiatan lainnya. Dan
yang lebih membuat saya kesal adalah proses upgrade tersebut berlanjut kembali
saat komputer restart dan saya harus menunggu tanpa ada satupun progress-bar
yang memperlihatkan sudah berlangsung berapa lama proses ini dan akan berapa
lama lagi proses ini masih harus berlangsung.

Setiap kali update, saya tidak mengetahui berapa lama proses tersebut akan
berlangsung, apakah hanya beberapa menit, atau mencapai puluhan menit.
Syukurlah memang belum pernah terjadi proses yang memakan waktu hingga satu
jam, namun seringkali saya terganggu karena tidak dapat menggunakan komputer
pada saat saya memerlukannya. Bahkan pernah suatu kali update berlangsung saat
saya harus melakukan presentasi.

Dibandingkan dengan OS Windows versi sebelumnya Windows 10 ini memang cukup
rajin dalam melakukan update, sehingga akhirnya terpikirlah upaya untuk
me-non-aktif-kan fasilitas auto-update ini. Bagi pembaca yang kebetulan
menghadapi masalah yang sama silakan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk
mematikan auto-update:

1. Login ke account Administrator
2. Tekan tombol Windows + X
3. Pilih Computer Management > Services and Applications > Services > Windows
Update
4. Double click Text Windows Update
5. Klik tombol STOP
6. Ubah Startup type menjadi Disabled
7. Klik OK, dan tutup semua window yang masih terbuka
SELESAI

Nah dengan 7 langkah diatas bebas sudah saya dari ganggunan update yang datang
seperti tamu tidak diundang tersebut. Untuk mengembalikan fasilitas update maka
yang harus dilakukan lakukan 7 langkah seperti diatas hanya abaikan langkah ke
(5) dan pada langkah ke (6) ubah Startup type menjadi Enabled. Beres sudah ..
mudah bukan?

Gambar yang saya sertakan dalam artikel ini menunjukkan seperti apa tampilan
pada saat aplikasi pengaturan ini sedang dijalankan .. Selamat mencoba .. have
a nice day :-)

 www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

--
Posted By Blogger to AstroDigi at 3/28/2017 02:00:00 AM

Kirim email ke