anak sy juga asma mbak.. Dsanya menjelaskan kalo asma itu kan penyakit 
genetik. Sebenernya gak bs di sembuhkan, tapi selama kita selalu 
menghindari pemicunya Insya Allah asmanya gak akan kambuh. Maka dari 
itu byk org yang menyangka asmanya itu sembuh.
Pemicu asma sendiri bagi setiap penderita berbeda-beda mbak. sama 
kayak alergi. Ada yang alergi makanan, alergi debu, dll.
Alhamdulillah sy sptnya sdh menemukan pemicu asma bagi anak sy, yaitu 
debu. Kl ruangannya byk debu pasti asmanya kambuh. Jadi benar2 hrs 
bersih (diminimalkan lah debunya). Kalo makanan sepertinya tdk 
bermasalah bagi anak sy.
Pengobatannya sendiri, dsa nya menyarankan krn asma ini jangka pjg 
jadi sebaiknya di minimalkan pemakaian obat-obatan. Krn mnrtnya 
serendah apapun dosis obat, apabila dipakai rutin gak baik juga pasti 
ada efek sampingnya. Jadi dokternya waktu hanya menyarankan u/ di uap, 
selama kambuhnya blm terlalu parah. Hindari udara dingin..
Sy juga gak selalu tiap kambuh di bw ke dokter. Paling kl lagi kambuh 
sy minta dia u/ byk2 istirahat aja sama minum air hangat.
Kata dsa nya renang juga bagus u/ penderita asma.
Trus sy pernah baca di harian kompas (tp lupa tgl brp). Disana ada 
artikel ttg manfaat prebiotik. Katanya selain bagus u/ pencernaan, ada 
penelitian yg menemukan manfaat lain dari prebiotik yaitu meningkatkan 
daya tahan tubuh & asma. Kurang lebih seperti itulah maksud dari 
artikelnya. Setelah baca itu sy jd berpikir, bisa jadi artikel itu ada 
benarnya. Anak2 sy suka sekali dg yoghurt & rajin mengkonsumsi. Dan 
kalo di hubung2kan skrg dia udh jarang bgt kambuh asmanya.
Mengenai makanan yg serem2 itu. sepupu sy juga pernah menyantap ati 
kalong (tp bkn dr arab kyknya :)). Atinya di bikin sop. Kata ibunya 
sie sejak rutin mengkonsumsi ati kalong asmanya jadi ilang. Tapi sy 
sie blm berani ah ksh anak sy makanan2 kyk gt. Mudah2an jgn sampe. Toh 
dg mengikuti anjuran dsa sy aja, alhamdulillah skrg anak sy udah 
sangat jarang kambuhnya. Hampir gak pernah malah.

Semoga membantu ya mbak.. maap kalo kepanjangan jawabnya..

Myra
http://ke2nai.blogspot.com


--- In [email protected], [EMAIL PROTECTED] wrote:
>
> Duh tw memang lg hunting obat asma.mulai dari maen ke laut n cuci 
gordyn seminggu 3 kali spy jauh dr alergen n renang....nah bagian 
denger obatnya dr info milis aybun ini ati kelinci yg dibakar atau 
m*ns mamanya atau ati kelelawar dr arab atau yg laen lagi.......jadi 
sedih......moga ada pencerahannya dari dokter n ahli disini......resep 
nenek moyang ama penjelasan ilmiah suka kontradiksi ya.....huaaaa 
pengennya yg msh searah n ga syereem.... :( gimana dunk...............
> Sent from my BlackBerry® wireless device from XL GPRS/EDGE/3G network
>


Kirim email ke