Ungkal
Oleh: Muhtadi ISBN      :       9786028543620Rilis      :       2010    Halaman
:       116pPenerbit:   Bisnis2030Bahasa        :       IndonesiaRp.35.600

Aneh, sangat aneh dan langka. Tidak seperti kumpulan puisi yang pernah saya
baca pada karya penulis sajak lainnya. Tak satupun dari sajak dalam buku ini
yang tidak membuat saya terkesima dengan penuh tanda tanya. Keberaniannya
menyajikan kata – kata bahasa Melayu yang tidak familiar dimasyarakat kita
membuat buku ini menjadi unik. Penyajian kata yang sederhana serta cerita yang
mudah dipahami bukanlah kekurangan tetapi ianya menggambarkan kepribadian
penulis yang orisinil dan alami. Dengan kata lain paling tidak penulis sudah
berani menyampaikan kata hatinya sebagai bagian dari kemandirian kreatifitas
yang dapat memperkaya khazanah karya tulis.

Mila DuchlunPenyair Perempuan Bersayap, tinggal di Tanjungpinang.

 Lewat tulisannya, Muhtadi mencoba mencairkan rasa serta kerisauan hati yang
menempuh kehidupannya dalam bahasa Melayu. Menyisipkan kata yang tak lazim
menjadikan sajaknya sebagai kekuatan emosional dirimba karya tulis. Merangkum
berbagai tema Cinta, Asa dan Problematika kehidupan jelas tergambar dari
sajaknya yang tak bertafis. Semua itu merupakan bentuk serta gambaran
kepribadiannya dan dari karya tulis yang telah disajikannya pada buku ini, dia
berupaya untuk tidak hanyut dalam alur perpuisian dengan mengedepankan nilai
tradisi komunitas masyarakat dan lingkungannya.
Newal Lawen,Penyair Batu Api, tinggal di Tanjungpinang.

Membaca karya tulis Muhtadi, mengingatkan saya pada kenyataan bahwa kepulauan
riau adalah muasal akar bahasa Indonesia. Keberaniannya menyisipkan bahasa
tutur Melayu kedalam sajaknya mempunyai makna tersendiri dan itu menggambarkan
keinginannya untuk mengangkat nilai – nilai kearifan lokal. Kemudian bila kita
mau mempertajam perhatian terhadap kata demi kata yang dirangkainya, maka tabir
komunitas masyarakat sebagai tempat pertumbuhan dan perkembangan kehidupannya
akan terbuka. Adalah menjadi mungkin untuk saya dapat melihat dengan jujur
bahwa buku ini dapat berperan untuk memperkaya dunia sastera atau paling tidak
telah membantu kita untuk melihat kebenaran bahwasanya bahasa Indonesia yang
kita pergunakan adalah berakar dari bahasa Melayu.
  Ary Sastra,Wartawan, tinggal di Tanjungpinang.
http://www.bookoopedia.com/daftar-buku/pid-31751/ungkal.html

www.bookoopedia.com

Buy Globally, Pay Locally

Beli buku-buku Amazon dari Indonesia