Yth. Mbak Viebeke yang baik dan semeton sareng sami,

Selain kenal Ibu Desak Raka sebagai guru ( aljabar+ ilmu ukur) dimasa
perjuangan 1947-1950, kebetulan  kenal juga Ide AA Gde Agung dan Nyonya.
Ketika Ide AA  duta besar di Austria saya pribadi diundang beliau
menginap di Kedutaan RI  Wina. Saya juga pernah naggil
di Puri beliau di Gianyar.

Langkah perjuangan politik Ide AA relatif panjang. Dari masa perjuangan
kemerdekaan  sampai  masa setelah kemerdekaan. Pada kurun
waktu itu tentu terjadi banyak perbedaan pendapat serta sorotan
mengenai langkah politik beliau. Kontras perbedaan dari sudut pandang
lawan politik.

Sekedar  ilustrasi,  di kelas 3 SLU (=tingkat SMP) dalam pelajaran
Bahasa Inggeris, kami diberi bacaan mengenai perang kemerdekaan Amerika
Serikat. Disini diceritakan ada seorang pejuang kemerdekaan yang
dibuatkan tugu  pahlawan, dimana pada tugu itu, satu kakinya saja yang
diperingati, yang  diberi kehormatan (honour). Karena pada suatu waktu
ketika ia ikut  berjuang membela kemerdekaan, satu kakinya luka
tertembak ( lalu diamputasi ?). Tapi ia juga pernah  bekerja sama dengan
pihak kolonialis Inggeris melawan para pejuang kemerdekaan.  Saya lupa
siapa nama
pahlawan  Amerika ini. Coba di cari di internet, mungkin dapat diperoleh
cerita yang lebih tepat.  Atau ada yang lebih tahu  rinciannya.

Saya baru  mulai membaca " The Argumentative Indian" Amartya Sen.
Kalimat pertama: Prolixity is not alien to us in India. We are able to
talk at some length. .................. This is not a new habit. The
ancient Sanskrit epics the Ramayana and the Mahabharata ( maksudnya
mengajari ?) ........... And  we encounter  masses of arguments and
counterarguments spread over incessant debates and disputations.

Kemudian dilanjutkan dengan sub judul: Dialogue and Significance. Dimana
penulis menbawakan Bhagawat Gita , one small section of   Mahabharata ,
dialog antara Khrisna's emphasis on doing one's duty, on one side , and
Arjuna's focus on avoiding bad consequenses ( and generating good ones),

on the other. Krishna's: "And do not think of the fruit of action".

Sebagai politisi (terkait urusan publik), saya kira Ide AA melakukan
langkah berdasarkan keyakinan beliau (private domain), barangkali
mengikuti nasehat Khrisna's: "And do not think of the fruit of action".
Beliau sendiri menanggung karmanya.

Sayangnya dalam kehidupan politik kita berbangsa dan bernegara,-
berkaitan dengan urusan publik- kita miskin , malas dialog, mengabaikan
argumen, silang pendapat dan menghidari disputations. Bahkan masalah
berkaitan dengan urusan negara /publik, ...Dewa Ratu...., diselesaikan
"secara adat", sehingga substansi , akar masalah tidak pernah
terpecahkan bersama dengan masyarakat secara tuntas.

Dalam pemberiaan gelar pahlawan, apakah  ada dasar penelitian sejarah
(bukan politisi)-nya, ada proses dengar pendapat (public hearing) dan
untuk kemudian dituangkan dalam penjelasan lembaran negara misalnya,
sehingga masyarakat dapat memahaminya?.Sampai kini masyarakat bertanya,
mengapa Bung Tomo, penggerak Arek-Arek Suroboyo, pertempuran 10 Nopember
1946 melawan Pasukan Inggeris  belum mendapat gelar pahlawan nasional?
Mengapa seorang  isteri presiden misalnya menberi  bintang maha putera?
Apa ini bukan pejalah gunaan kekuasaan? Bagaimana mengawasinya, apa
sistem pemberiaan gelar itu sudah tepat? Pemberian gelar kepada Imam
Bonjol terakhir ada yang mempermasalahkan ( benar melawan Belanda, tapi
melakukan "genocide" di Tapanuli).

Sekedar renungan bersama, para semeton sareng sami.
Rupanya kita masih perlu belajar bersama  memilah-milah,  mana urusan,
ranah pribadi dan mana ranah public(private /public domain).
Juga dalam membaca , menafsirkan Mahabhrata / Bhagawat Gita.
Mahabhrata , pertujukkan wayang mulai dengan prolog, syarat dialog dan
kritik. Mari, berani dan tidak malas melakukan dialog,untuk memperoleh
pendalaman masalah.

Terima kasih.

SALAM.
Nengah Sudja.