From: Made Wirata <[EMAIL PROTECTED]>
To: bali@lp3b.or.id
Sent: Monday, January 28, 2008 2:03:25 PM
Subject: [bali] Re: tanya microhydro

Pak Ngurah Beni S, apa bener/serius nih enggak tau micro hydro?
maaf kalo boleh dr masukan saya / sepengetahuan yang saya dapat dari
rekan-rekan di
bandung,
bahwa:
1). Micro Hydro adalah pembangkit listrik tenaga air skala kecil (micro) yang
terbuat
dari rangkaian utama; Turbin Air (kecil) atau bisa semacam kincir air,
alternator/generator, penstock. Air dialirkan dengan ketinggian dan debit
tertentu
melalui penstock atau bisa diterjunkan langsung. Kincir memutar/menggerakkan
alternator
yang kemudian jadi arus listrik.

2). Micro hydro itu kapasitasnya lebih kecil dibanding Mini Hydro, biasanya
disebut
Mini Hydro untuk kapasitas daya outputnya dibawah 1MW, Micro biasanya dibawah
100-200kW

Suksma
Made Wirata
--