Satu hal yang sering kita lupakan di tengah teknologi dan politik adalah, dunia
citra yang dibangun oleh perusahan atau industri TV.

TV membuat kita benci, tertawa, kecewa, protes, putus asa, menangis, dan
lain-lain. Sedemikian kuat pengarushnya bagi kita. Mengapa TV sangat kita
percayai? Apa saja yang diTV berubah dari fakta sejati ke fakta konstruksi. TV
juga bikin kita ingat 100 tahun lalu, apa yang terjadi. Tapi TV juga bikin kita
lupa dan tak peduli. TV menjadi pemandu kita dan acuan kita. Kita ini beragama
TV.

Pada konteks ini tak hanya TV tapi juga media. TV dan media adalah teknik dan
kultur yang amat tak berpihak. TV bisa menjadi apa saja bergantung siapa yang
mengendalikan dan mau apa. Siapa yang bisa beli ruang?

Hal inilah yang harus kita pikirkan untuk menyikapi masalah ini. Tanpa TV,
Manohara tak jadi perbincangan. Demikian juga Prita.

Sangat tak pasti.

Salam
ARTIKA