--- Pada Sen, 31/8/09, Asana Viebeke Lengkong <asan...@indo.net.id> menulis:

Dari: Asana Viebeke Lengkong <asan...@indo.net.id>
Judul: [bali] MASYARAKAT BALI BEROBAT GRATIS CUKUP TUNJUKKAN KTP
Kepada: bali-b...@yahoogroups.com, bali@lp3b.or.id
Tanggal: Senin, 31 Agustus, 2009, 2:00 PM

http://www.gp-ansor.org/berita/masyarakat-bali-berobat-gratis-cukup-tunjukkan-ktp.html
Masyarakat Bali Berobat Gratis Cukup Tunjukkan KTP
Sunday, 30 August 2009 13:34
Denpasar (Ansor Online): Pemerintah Provinsi Bali memutuskan tidak akan
memberlakukan lagi penggunaan kartu miskin untuk pelayanan kesehatan gratis
kepada masyarakat kurang mampu mulai tahun 2010. “Hal itu dilakukan mengingat
penggunaan kartu miskin pelaksanaanya sering kali tidak tepat sasaran,” kata
Gubernur Bali, Made Mangku Pastika di Denpasar, Minggu.
Ia mengatakan, kartu miskin selama ini sering kali disalahgunakan oleh golongan
masyarakat menengah ke atas. Oleh sebab itu mulai tahun 2010, pelayanan
kesehatan secara cuma-cuma tidak hanya dinikmati oleh masyarakat miskin, namun
akan menjangkau seluruh lapisan masyarakat Bali.
Gubernur Pastika menambahkan, masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan
kesehatan cukup menunjukkan kartu tanda penduduk (KTP) dan tidak membayar.
Namun pelayanan kesehatan untuk rawat inap di RSUP Sanglah maupun RSUD
kabupaten/kota se Bali hanya diberikan pada ruang ipan kelas tiga. “Asalkan mau
mendapat pelayanan pada kelas tiga masyarakat golongan menengah ke atas pun
bisa memanfaatkan pelayanan cuma-cuma,” ucap Gubernur Pastika.
Ia menambahkan, dalam pelayanan gratis itu akan disiapkan rumah sakit yang
dijadikan rujukan, dan masyarakat cukup hanya menunjukkan KTP Bali saja. “Tidak
ada alasan bagi rumah sakit rujukan untuk menolak atau menelantarkan pasien
yang sudah bisa menunjukkan identitas berupa KTP Bali,” tambahnya.
Untuk mendukung program kesehatan gratis tersebut, Gubernur Pastika
menjelaskan, Pemprov Bali akan menyiapkan alokasi dana mencapai Rp 100 milyar.
“Mengenai pendanaan program pelayanan kesehatan gratis tersebut nantinya juga
akan didukung oleh pemerintah Kabupaten/Kota di Bali,” ujar Gubernur
Pastika.(matanews.com)

      Akses email lebih cepat. Yahoo! menyarankan Anda meng-upgrade browser ke
Internet Explorer 8 baru yang dioptimalkan untuk Yahoo! Dapatkan di sini!