P. Made, kalau Bali mau tetap menggunakan moda transportasi darat dengan
membangun jalan tol, maka Bali memerlukan sedikitnya 4 jalan Tol. Pertama,
Denpasar-Singaraja melalui bedugul. Kedua Denpasar-Karangasem (sepertinya
bisa melalui pengembangan jln. bypass Prof.I.B.Mantra sekarang), Ketiga
Denpasar-Tabanan-Negara-Gilimanuk. Kempat, Gilimanuk-Singaraja-Karangasem.

Tapi kalau mau dengan moda transportasi Kereta Api, perlu kereta api cepat
seperti Eurail di Eropa. Jalurnya seperti ke 4 tol tsb.

salam
De Wisnaya

--
Gde Wisnaya Wisna