Dear Netters,

Berikut saya sampaikan artikel dari Nakita yang cukup ok.

Perlukah Vitamin Pencerdas?

Sebenarnya bila tubuh si kecil sudah cukup mengkonsumsi makanan bergizi,
seperti makanan empat sehat lima sempurna, tak perlu lagi mengkonsumsi
vitamin tambahan.

Pada dasarnya, vitamin hanya membantu proses metabolisme atau kegiatan
sel-sel di dalam tubuh. Sedangkan zat yang berperan dalam proses pembentukan
otak secara keseluruhan adalah energi dan protein. Bila terjadi kekurangan
salah satu zat ini, dapat berdampak pada ukuran otak yang kecil dan jumlah
sel otak yang kurang.

Agar anak jadi cerdas, sistem saraf pusat (otak dan sumsum tulang belakang)
harus berfungsi dengan baik. Dalam usaha mempercepat reaksi saraf penghantar
(neurotransmitter) dan mempermudah komunikasi antara sel-sel otak inilah
diperlukan zat tertentu yang sering disebut vitamin untuk otak. Nah, vitamin
yang dikonsumsi anak tersebut dapat membantu terbentuknya sel-sel tubuh
hingg membantu pertumbuhannya.

Sumber utama vitamin berasal dari sayuran dan buah-buahan. Hanya saja, dalam
kesehariannya anak harus mendapat pola makan teratur dan seimbang agar
memperoleh asupan gizi yang seimbang pula. Jadi, sangatlah tidak tepat jika
anak yang enggan makan, diberikan berbagai tablet vitamin. Karena vitamin
tersebut bukan untuk menggantikan makan yang menjadi kebutuhan gizi si anak.

Salam
Lilis

---