Rekan Balita Anda,
Saya mempunyai keponakan laki2 umur 2,5  tahun. Kondisinya saat ini secara
fisik sehat (badan tinggi besar dan gemuk utk. anak seumurnya). Yang menjadi
masalah kondisi psikisnya, sbb :
1. Belum bisa berkomunikasi secara jelas. Hanya bisa membeo. Mis. saja
ditanya Adit makan apa, dia akan menjawab Adit makan apa bukan menjawab.
2. Belum bisa melakukan perintah2 sederhana, mis : bila sedang bermain, trus
diperintah tolong ambilkan koran. Dia akan sibuk dg. mainannya. Sampai
dipanggil berkali2 baru menoleh.
3. Suka menyakiti diri sendiri (ini yg. paling parah). Mis. saja bila dia
melihat iklan di TV ada yg. tidak disukainya, dia akan menangis keras sambil
membentur2kan kepalanya ke tembok. Atau bila dia berebut mainan dg.
kakaknya, makan dia akan menjerit2 sambil membentur2 kepala ke tembok atau
lantai.
Perkembangan psikisnya sebelumnya normal saja, tetapi sudah 1/2 tahun ini
kelihatan terlambat dibanding teman2 seusianya.
Saya curiga apakah dia mengidap autis. Mohon sharing dr rekan2 mailing list
ke  referensi dokter atau klinik terapi mana yg. bisa  mendeteksi Anak
Autis. Kemudian tahap2 nya apa saja.

Rgds