From: Sigit Widodo [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent: Thursday, August 29, 2002 12:30 PM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: [IDAI-OT] PIN 2002

Saya sangat mendukung program PIN 2002 ini dan manfaatnya secara nasional
terhadap masa depan anak-anak kita tak perlu diragukan lagi..

Namun ada satu hal yang agak menganggu logika saya terkait dengan alinea
berikut:

"Apabila Balita anda sudah pernah di vaksinasi polio sebelumnya, maka tetap
pada kedua tanggal tersebut Balita anda harus divaksinasi. Bahkan sekalipun
Balita anda mendapatkan vaksinasi pada tanggal 11 September 2002, maka pada
tanggal 12 September 2002 Balita anda tetap harus divaksinasi kembali".

Mohon penjelasannya secara medis, mengapa balita yang sudah divaksinasi
harus mendapat vaksin kembali. Apalagi saya pikir sangat ekstrim jika balita
yang pada 11 September sudah divaksinasi harus kembali divaksinasi keesokan
harinya. Saya harap ini bukan sekedar cara bagi penyelenggara PIN 2002 untuk
menunjukkan bahwa program yang mereka lakukan berhasil dengan sukses dengan
data-data statistik bahwa program ini telah diikuti sekian ribu balita.

Bukankah daripada vaksin terbuang percuma untuk memvaksin balita yang sudah
diberi vaksin sebelumnya, lebih baik disimpan di posyandu atau puskesmas
untuk diberikan pada bayi-bayi yang belum mendapat vaksin polio?

Regards,

Sigit, papanya Didit