Ibu Nanda, just sharing aja ya, kebetulan sekarang anak saya ikut kursus
mental aritmatika, sebenernya syarat permulaannya sih si kecil harus sudah
bisa menulis 0 sampai dengan 9, kalo sudah bisa menulis dengan lancar, bisa
mulai diajarkan metode ini, karena penggunaan sempoa dan penulisan angka
dibutuhkan kecepatan, jadi pada permulaan kita mesti tiap hari latih si
kecil untuk menulis cepat yang kita mesti hitung waktunya (jadi dalam 1
menit bisa menulis angka 0 sampai 9 berapa banyak) kelihatannya sepele tapi
untuk si kecil susah lho bu untuk menulis cepat, karena untuk anak seusia
anak saya (waktu itu umur 5 tahun) pertama-tama 1 menit anak saya cuman bisa
menulis sebanyak 30-an saja, padahal dibutuhkan dalam 1 menit targetnya 120
angka, lalu dilatih kecepatan dalam penggunaan sempoa, ini juga dikasih
waktu/di "menit"in, itu permulaannya ya Bu, sedang nanti dalam
perkmbangannya diarahkan untuk perkembangan otak kanannya lalu nanti kearah
penalaran (megabrain) dlsb. sedang untuk materinya difokuskan ke
penjumlahan, pengurangan dengan menggunakan alat bantu sempoa yang nanti
setelah level tertentu sempoanya akan tidak dipakai lagi dan digantikan
dengan sempoa bayangan. itu aja yang saya bisa sharing karena anak saya ikut
kursus ini juga belum lama baru 1 tahun, jadi levelnya belum tinggi. semoga
membantu

Rgds
Mama Karina.