Ikutan nimbrung ya...
Betul Pak Parulian, tidak apa2 bayinya mau digendong terus...apalagi msh usia 1 bln.
Kebetulan saya mengalami hal yg sama, bayi saya skrg umur 2 bln, sejak lahir selalu
maunya digendong. Parahnya waktu minggu2 pertama dia hanya bisa tidur di dada saya
(walau sebetulnya bahaya). Kalau ditarok pasti nangis. Berhubung kami tidak tinggal di
Indonesia...yg artinya tdk ada pembantu/baby sitter/org tua yg bisa membantu, terpaksa
dbiarkan nangis jika saya hrs mengerjakan sesuatu spt mandi, bikin sarapan, sholat,
dsb. Dan satu hal lagi, bayi kami hanya bisa "dibujuk" oleh ASI...dia tidak ngempeng
dan tidak ngemut jari.
Tapi seiring waktu....sang bayi juga belajar kok. Intinya sih dia merasa aman dan
nyaman dalam pelukan orangtuanya krn kehangatan yg mirip dlm rahim, juga dia bisa
merasakan irama detak jantung kita yg familiar sekali selama 9 bln di kandungan.
Alhamdulillah sekarang bayi kami sudah mulai bisa ditarok walau sebentar2...paling
lama 1 jam deh....tanpa menangis. Dan kalo sdh ngantuk berat...dia tdk nangis lagi
jika kita tarok.
Ada bbrp hal yg saya dpt dr hospital di sini ttg bayi, yaitu bahwa:
1. Bayi BUKAN Minta Perhatian TAPI Butuh Perhatian
2. Banyak macam sifat bayi, salah satunya bayi yg maunya digendong selalu, tapi hal
ini tidak akan "membahayakan" perkembangan si bayi jika digendong terus.
3. Bisa di "training" dgn cara dia dibiarkan menangis paling lama 15 menit (dimulai
bertahap dr 5 mnt, 10 mnt, 15 mnt). Setiap tahap diakhiri dgn gendong atau memberi
susu.
4. Proses tidur adalah salah satu proses belajar bagi si bayi, jadi kita jgn berharap
dia akan langsung bisa tidur sendiri tanpa bantuan kita.
Semoga Membantu.
Bundanya VAREN
 Agnes Novita Purba wrote:Pak Parulian,
Tidak apa2 kalo bayi minta digendong.
Bayi saya juga umur 1-2 bln inginnya digendong & dinyanyiin kalo mau tidur.
Tapi sekarang (4 bln) kalo sdh ngantuk berat malah dia marah kalo digendong,inginnya
segera diletakkan di tempat tidur dan dielus2 punggungnya. Jadi gak masalah pak, bayi
khan hrs menyesuaikan diri dgn lingkungan luar. Dlm kandungan bayi khan hangat karena
terlindungi air ketuban nah di luar juga dia masih ingin merasakan kehangatan yg biasa
dia dapatkan,mungkin dgn cara digendong tadi...