Pak Purwahadi...

Dari pengalaman yang pernah saya temui, biasanya keluaran dari Elextrolux
tidak menggunakan penyaringan R.O, melainkan Sendiment Filter, Pre Carbon
dan Active Carbon + Ultra Violet.
Sedangkan untuk R.O System, biasanya Pre Filter, Sendiment Filter, Active
Carbon, Membran R.O, Post Carbon dan Bio Ceramic (dalam tangki air).
Membran R.O digunakan untuk membuang logam berat yang ada dalam air,
sehingga kalau dilihat dari cara kerja mesin yang Bapak gunakan, maka alat
tersebut hanya untuk menghilangkan warna dan bau (Carbon) dan membunuh
bakteri (Lampu UV, dengan catatan bahwa lampu UVnya harus diganti secara
periodik, karena daya tahan lampu UV sekitar 6 bulan - 1 tahun. Lebih dari
itu, daya Bunuh Bakterinya --Bakteri Shield-- sudah hilang). Sedangkan untuk
logam berat, biasanya tidak dibuang sama sekali, jadi kalau di Test
menggunakan Elektroliza atau TDS Meter, maka dapat dilihat seberapa banyak
kadar pencemar logam berat yang ada dalam air tersebut.

Kalau Bapak secara rutin mengganti lampu UVnya, maka nggak ada masalah Bapak
langsung meminumnya, karena fungsi UV sebenarnya hampir sama dengan merebus
air, yaitu membunuh bakteri, namun kembali ke masalah ginjal, bahwa kalau
kita terlalu banyak mengkonsumsi air yang mengandung logam berat, logam
pencemar, zat kimia dan lain-lainnya, tentunya secara perlahan tetapi pasti,
akan membawa effek ke tubuh kita, terlebih lagi kalau kita melihat kondisi
pencemaran yang semakin jelek. Kalau Bapak ingin melihat seberapa jelek
pencemaran logam berat pada air yang Bapak minum, Bapak bisa menghubungi
Bapak Septory di Jakarta.

Orang mengatakan bahwa, kok dulu-dulunya aman-aman saja mengkonsumsi air,
cukup dengan merebusnya, kakek-nenek kita bisa hidup dengan tenang dan
tentram.
Mungkin pada saat ini kita sulit sekali mencari air sungai yang jernih
seperti pada zaman kakek-nenek kita muda. Kalau kita lihat di kali-kali di
ibu kota, banyak buih (detergen), warnanya gelap, dan dapat dipastikan bahwa
pencemarannya sudah sangat tinggi. Lalu pencemaran dari limbah pabrik, dari
bengkel membuang oli sembarangan, limbah kimia rumah sakit dan banyak lagi.
Memang kita tidak minum dari sana, tetapi penyerapan pasti terjadi dan ada
zat-zat pencemar yang walaupun sudah terserap dalam tanah, tetapi zatnya
belum hilang, sehingga akan bercampur lagi dengan air tanah. Begitu juga
dengan sumber air PAM, dari mana mereka mengambil airnya ?

Kalau ingin melihat Teknologi Penyaringan, bisa dilihat di website
www.infoelken.cjb.net/tommy bagian Info Kesehatan-Air Minum. Disana ada
tabel yang diterbitkan oleh China Press mengenai berbagai Jenis Penyaringan
dan Daya Penyaringannya.

salam
Tommy & Susi