Dear netters,

Perkenalkan, saya Kania, ibu dari seorang putra berusia 5 bulan.
Saat ini saya sedang pusing nih.

Selama ini putra saya hanya minum asi eksklusif,
Tapi semenjak dia mulai mengisap jempolnya, saya merasa konsumsi asinya jadi
berkurang.
Ini terlihat dari produksi ASI pompa yang saya hasilkan dikantor semakin sedikit.
Untuk menambah asupannya, saya mencoba menambahkan susu formula Nutrilon.
Awalnya dia mau, tapi konsumsinya tidak selahap bila ia mengkonsumsi ASI botol.

Kemudian saya juga mulai memasukkan makanan tambahan bubur susu dan biskuit.
Namun yang terjadi belakangan ini adalah, dia cenderung menolak susu formulanya dan
kembali mengisap jempolnya.
Kalau diberi ASI botol dia tidak masalah, tapi susu formula sekaranng malah tidak mau
sama sekali.
saya sudah coba ganti dengan S-26, tapi dia juga menolaknya.

Dan terakhir, dalam hal menyusu ia hanya sebentar (kembali ke jempolnya lagi), kadang2
malah tidak mau sama sekali.
Alhamdulillah sih konsumsi bubur susu dan biskuitnya lancar.
Saya hanya khawatir, karena semestinya pasokan utamanya kan hanya dari susu.
Apa ada hubungan mengisap jempol dengan menyusunya? Atau pemberian makanan padat yang
menyebabkan konsumsi susu berkurang

Mohon sharingnya ya bu,pak. bagaimana triknya agar putra saya bisa menyusu banyak lagi,
dan juga bagaimana meningkatkan produksi ASI bila jarang dihisap, saya khawatir ASI
saya kering,
sementara saya punya cita cita untuk bisa menyusui sampai ia 2 tahun.

terimakasih. mudah2an ada yg bisa memberikan solusi

Bunda Fajar

Get a bigger mailbox -- choose a size that fits your needs.

Kirim email ke