Date: Tuesday, November 05, 2002 10:19:14 PM
Subject: [balita-anda] Awal mula saling meminta maaf

Assalaamualaikum, wr. wb.

Ketika Rasulullah sedang berhotbah pada suatu Sholat Jum'at (dalam bulan
Sya'ban), beliau mengatakan Aamin sampai tiga kali, dan para sahabat begitu
mendengar Rasullullah mengatakan Aamin, terkejut dan spontan mereka ikut
mengatakan Aamin. Tapi para sahabat bingung, kenapa Rasullullah berkata
Aamin sampai tiga kali.

Ketika selesai sholat Jum'at, para sahabat bertanya kepada Rasullullah,
kemudian beliau menjelaskan : "ketika aku sedang berhotbah, datanglah
Malaikat
Jibril dan berbisik, hai Rasullullah aamin-kan do'a ku ini," jawab
Rasullullah.

Do'a Malaikat Jibril itu adalah sbb :

"Ya Allah tolong abaikan puasa ummat Muhammad, apabila sebelum memasuki
bulan Ramadhan dia tidak melakukan hal-hal yang berikut :

- Tidak memohon maaf terlebih dahulu kepada kedua orang tuanya
(jika masih ada);
- Tidak berma'afan terlebih dahulu antara suami istri;
- Tidak berma'afan terlebih dahulu dengan orang-orang sekitarnya. Maka
Rasullah pun mengatakan Aamin sebanyak 3 kali.

Dapat kita bayangkan, yang berdo'a adalah Malaikat dan yang meng-aminkan
adalah Rasullullah dan para sahabat, dan dilakukan pada hari Jum'at.
Tentunya do'a tersebut akan didengar oleh Allah swt.

Saya yakin bahwa kita semua tidak ingin kalau puasa kita tidak diterima
oleh Allah swt. dan hanya merasakan lapar dan dahaga belaka.

Mudah-mudahan dapat berguna bagi kita semua, Amin !!

Demikianlah, bersama dengan e-mail ini, perkenankan saya mohon maaf atas
segala kesalahan, baik yang saya sadari ataupun tidak.

Semoga kita selalu dipermudah untuk beribadah dan bersyukur kepada Allah
SWT di dalam bulan suci ini.

Wassalaamualaikum, wr. wb.

Taufiqurrohman & Keluarga