KEGUGURAN KANDUNGAN

Ibu Metrina

Ass wrwb,
Dokter saya pernah punya pengalaman ketika saya hamil 2 bulan diperiksa
dengan USG ternyata (kata Dokter) ada kista di diding rahim. Kemudian nggak
lama kemudian saya keguguran karena terlalu capek/lelah. Setelah itu dokter
minta kepada saya harus mengurangi kegiatan karena pengalaman hamil yang
rentan.

Tapi saya bingung juga sebenarnya yang menyebabkan saya keguguran karena
kecapekan atau karena kista itu. Yang saya ingin tanyakan kista itu apa dan
kenapa ada? Kemudian kalau dioperasi seperti saran dokter apakah menjadi
halangan untuk bisa hamil? Bagaimana mendeteksi dini tentang kista itu?

Terima kasih Wassalam

Ibu Metrina yang baik,
Saya ikut bersimpati atas keguguran yang ibu alami. Mudah-mudahan Allah SWT
memberikan ganti yang lebih baik untuk ibu.

Mengenai kista yang dikatakan menempel di dinding rahim ibu sebetulnya perlu
ada penjelasan lebih lanjut, antara lain : berapa ukurannya dan dimana
tepatnya kista tersebut berlokasi. Informasi ini berguna untuk menjawab
pertanyaan ibu

Selanjutnya, yaitu apa sebenarnya kista itu. Secara singkat dapat saya
jelaskan sbb: kista adalah tumor yang berisi cairan. Dalam bidang ginekologi
(penyakit kandungan) kista biasanya berasal dari indung telur (ovarium),
sehingga disebut kista ovarium. Tidak semua kista ovarium harus diangkat.
Kista kecil dengan diameter kurang dari 5 cm dan tidak menimbulkan gangguan
masih bisa diobservasi dan dievaluasi lagi setelah 2 bulan, dan diharapkan
akan hilang sendiri. Hal ini karena timbulnya kista tersebut karena pengaruh
hormonal. Pada beberapa kasus, kista memerlukan tindakan operasi segera,
yaitu bila kista itu pecah, terinfeksi, atau terpuntir. Bila tidak, pada
kista yang besar diperlukan tindakan operasi terencana.

Mengenai asal usul timbulnya kista sampai sekarang belum ada jawaban pasti.
Diduga ada sel-sel yang mengalami perubahan sifat. Operasi kista pada
umumnya tidak menghalangi kehamilan yang sedang berlangsung atau yang akan
datang dengan catatan indung telur dan saluran telur keduanya atau salah
satu) tidak terganggu fungsinya.

Apakah keguguran yang terjadi karena kecapekan atau karena adanya kista itu
sulit untuk ditentukan. Ibu bisa saja menghubungi dokter yang menangani ibu
dahulu untuk menanyakannya. Secara garis besar penyebab keguguran antara
lain kelainan kromosom, kelainan plasenta, penyakit kronis/berat, infeksi
parasit/virus, paparan radiasi/bahan kimia.

Demikianlah yang bisa saya jelaskan, semoga ibu tidak merasa bingung lagi.
Wassalaamu'alaikum Wr. Wb

Dede Maulana
- Join bisnis sampingan secara online?
  klik disini: http://www.swausaha.com/members/maulana/html