Date: 24 Desember 2002 11:40:37
Subject: Re: [balita-anda] autis

Bu Severa, nggak ada salahnya memang kalo keponakannya dicek autis enggaknya.. saya baca di buku terbitan Nakita yang judulnya "menangani Anak Autis", katanya kalo Autisme Infantile [gangguan autisme yg terjadi pada anak sejak lahir] katanya pada usia 4 bulan anak tersebut sudah memperlihatkan gejala atau perilaku yang berbeda dari anak pada umumnya.

sedikit kutipan dari buku tsb:
"Anak normal biasanya sudah mampu melakukan kontak mata dgn org lain pada usia 4 bln. Bisa tertawa ketika diajak bercanda, aktif mengeksplorasi lingkungannya, serta punya keingintahuan besar pada objek2 di sekelilingnya. Pada anak autisme infantile, tdk ada respon yg ditunjukkan anak, baik bila diajak bercanda atau bercakap-cakap. Kontak matapun tdk ada, kalaupun ia tertarik pada objek di lingk.nya, biasanya terbatas pada obek yg itu2 juga.

Yg hrs disadari, semakin dini anak memperlihatkan perilaku autistik, semakin besar kemungkinan gangguan tsb lebih berat daripada anak yg dlm perkembangannya baru memperlihatkan perilaku autistik (autisme regresif)........... Dengan intervensi sedini mungkin, dilakukan secara intensif dan optimal, diharapkan anak2 autisme infantile ini juga bisa berkembang."

Mungkin yg dimaksud Moi Tjin dgn baru bisa divonis umur 2 th itu kalo yg autisme regresif ya? [Saya sendiri nggak ahli, cuman baca2 aja karena tertarik juga sama terapi autisme]. Semoga saja keponakannya nggak kena autisme ya Bu Severa.. tapi lebih cepat terdeteksi tentunya lebih baik..

Bu Severa dimana? Kalau di Jakarta mungkin bisa dibawa ke Klinik Khusus tumbuh Kembang RS Harapan Kita, pasiennya dibatasi dibawah 2 th.Di situ setiap pasien baru didiagnosa lebih dulu oleh tim khusus sebelum ditentukan langkah penanganan selanjutnya serta dipilihkan program yg sesuai untuk anak. Klinik ini katanya nggak melulu autis jadi memang untuk berbagai gangguan tumbuh kembang anak.. pemeriksaan awal kalo gak slah 75rb rupiah, terus terapi per 30 menit 28 ribu....

Kalo yang khusus Autisme bisa ke Kid Autis - JMC. Alamat untuk konsultasinya di JMC, Jl Buncit Raya No 15. Telp. 021-7940836/37. Kalau terapinya di Jl Otista Raya 82 (depan Apotik Fiducia), telp 021-8198691/93. Katanya fasilitasnya baik sekali, ada kamera monitor segala untuk supervisor atau observasi oleh ortunya. Tapi uang pangkalnya 3 juta, terus tiap sesi 120rb.

Ada banyak pusat terapi lain, ibu bisa baca komplitnya di buku Nakita tsb ada, di listnya adaklinik terapi yg di Bekasi, Tangerang, Depok, Jabar, jatim, etc. Toh masih konsultasi/cek dulu kan.. mungkin saja tidak autis. Kalau mau beli bukunya biasanya saya pesan lewan Layanan jual 24 jam Gramedia : 021-6359007 & 021-3188133 bilang aja mau beli buku serinya Nakita yang "Menangani Anak Autis" harganya 17500, kalo gak salah ongkos kirim gratis (dalam kota). Terus saya kemaren juga lihat2 di counter majalah waktu ke supermarket kalo gak salah ada buku tentang Autis juga, tapi yang nerbitin majalah kesehatan.. lupa deh Fit, atau Nirmala, atau Higina, atau apa.. pokoknya majalah kesehatan yg nerbitin.. entar deh kalo saya kesana lagi saya lihatnya..

Gitu aja.. semoga membantu.

Daysi