Dear rekan2 Netters,
(B
(BKebiasaan ngemut jari itu memang bisa bikin gigi anak tongos terbukti dengan
(Banak saya sendiri (dua2nya suka menghisap jari), jadi giginya agak maju ke
(Bdepan he...he...he...untung cowok....
(BOh yach mulutnya melesak itu maksudnya bibir mulutnya agak merapat ke dalam
(Btidak normal seperti biasanya, soalnya ipar saya he...he..he.. ternyata
(Bmulutnya jadi kayak gitu karena dulunya suka ngemut dot (empeng).
(BJeleknya lagi jarinya yang suka diemut itu bisa kapalan (tumbuh daging
(Bsedikit) nggak mulus rata. Anak saya yang satu masih isap jari s/d sekarang
(B(hampir 5 tahun), cuma kadarnya agak jauh berkurang, soalnya dia sudah
(Bmengerti rasa malu sih. Jadi kalau dia isap jari, kita bilang malu, eh lama2
(Bdia mengurangi sedikit demi sedikit, asal kita rajin mengingatkan saja.
(B
(BGitu aja yach sharingnya.
(B
(BRegards,
(BLilis
(B
(B-----Original Message-----
(BFrom: Taufan Surana [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
(BSent: Friday, January 03, 2003 10:23 AM
(BTo: [EMAIL PROTECTED]
(BSubject: RE: [balita-anda] kebiasaan ngempeng (dan hisap jari)
(B
(B
(BHalo semuanya,
(B
(BSebelumnya...
(BSelamat Tahun Baru 2003 !
(BSemoga tahun ini menjadi tahun yg lebih baik bagi kita semua...
(B
(BMasalah ngempeng atau hisap jari ini bbrp waktu yll (setahun yg lalu
(B'kali ya..) pernah didiskusikan juga. Waktu itu saya juga ikutan sharing.
(BSaya kirimkan lagi aja sharing saya waktu itu ya...
(B
(BSemoga bermanfaat.
(B
(BTaufan
(Bfwd:
(B---
(BMenghisap jari ini adalah salah satu kebutuhan bayi untuk
(Bmencari 'ketenangan emosi' pada dirinya. Artinya, kita tidak
(Bboleh terlalu/asal melarang bayi untuk menghisap jari.
(BPara ahli perkembangan anak justru menganjurkan bayi diberi
(Bkesempatan utk menghisap jari (dalam arti tangan tidak
(Bdibungkus sarung tangan, apalagi diplester), atau diberi empeng.
(B
(BCara mengatasi hal ini, sesuai dg sifat alaminya bahwa bayi
(Bmelakukan ini karena utk menenangkan dirinya, kita harus
(Bmencari tahu hal-hal apa yg membuat bayi tsb merasa tidak
(Btenang. Apakah lapar, perasaan tidak enak, bosan, dsb.
(BKmd, kita harus selalu menjaga supaya tangannya selalu
(Bbersih, shg tidak menyebabkan sakit.
(B
(BDengan mengajak bermain biasanya dia tidak akan
(Bmenghisap jari. Jadi, jangan cuma dilarang dg menarik
(Btangannya kmd kita diam saja.
(B
(BSaya sendiri tidak pernah menghalangi anak kedua saya (Afina)
(Buntuk menghisap jari. Pada usia sekitar 4 bulanan memang sering
(Bmengisap jari. Bahkan, kalau dia kesulitan utk memasukkan jarinya,
(Bjustru kami bantu memasukkannya. Sekarang, pada usia 1 tahun,
(BAfina tidak pernah lagi mengisap jari. Pengalaman anak saya yg
(Bpertama (Rihan) dulu, diapun selalu saya beri kesempatan utk
(Bmenghisap jarinya. Hal ini tidak berlangsung lama. Kalau kita bisa
(Bselalu melihat kondisi emosi bayi kita, pada usia tertentu kebiasaan
(Bini akan hilang sendiri.
(B
(BKita perlu mengkhawatirkan masalah menghisap jari ini jika pada
(Busia yg sudah agak besar anak kita masih suka menghisap jari.
(B
(BJadi, bayi yg suka memasukkan jarinya ke mulut itu bukanlah
(Bperbuatan iseng si bayi tetapi mempunyai maksud tertentu yg
(Bkita perlu mengetahuinya.
(B
(BJika kita tidak mau tahu ttg emosi anak tsb, kebiasaan mengisap
(Bjari ini akan bisa berlanjut terus, krn hal itulah yg menjadi
(Bsatu-satunya cara yg dia tahu utk menenangkan emosinya.
(BTakutnya, EQ-nya tidak berkembang dg baik.
(B
(BItu yg saya tahu, kalau ada yg salah tolong dikoreksi.
(B
(BSemoga bermanfaat.
(B
(BTaufan Surana
(B----------------------------
(BeBook Perkembangan Otak Anak Batita
(Bdan Stimulasi yang Diperlukan
(Bhttp://www.balitacerdas.com
(Bor send a blank mail to
([EMAIL PROTECTED]
(B----------------------------
(B
(B
(B
(B-----Original Message-----
(BFrom: Basuki Wibowo [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
(BSent: Friday, January 03, 2003 12:14 PM
(BTo: [EMAIL PROTECTED]
(BSubject: RE: [balita-anda] kebiasaan ngempeng
(B
(B
(BBagaimana dengan kebiasaan kalo yang diemut (diisap) jempol jarinya sendiri?
(BAda yang punya pengalaman nggak? Anak saya biasanya kalo mau tidur sering
(B"njempol" (ngisap jempolnya)
(BSalam
(B
(BAyahnya Daffa
(B
(B
(B
(B---------------------------------------------------------------------
(B
(B>> Parade Parcel Indokado 2002-2003 - Buy 10, Get One Free! ---->
(Bhttp://www.indokado.com/parcel2002.html
(B
(B>> Info balita, http://www.balita-anda.com
(B
(B>> Stop berlangganan, e-mail ke: [EMAIL PROTECTED]
(B
(B
(B---
(BIncoming mail is certified Virus Free.
(BVersion: 6.0.295 / Virus Database: 159 - Release Date: 11/1/01
(B
(B
(B---
(BOutgoing mail is certified Virus Free.

Kirim email ke