Pak Inu,

Tidak ada hubungannya sih Pak, kebiasaan anak Bapak dengan tidak minum ASI.
Anak saya sudah minum ASI dicampur dengan susu formula sejak dia baru lahir,
karena ASI saya memang sangat tidak mencukupi, walaupun sudah dikasih makan
sayur katuk and jamu pelancar ASI. Tetapi dari sejak bayi s/d sekarang 4
tahun lebih, dia selalu saya kasih susu formula putih, walaupun sebenarnya
anak saya tersebut juga punya kecenderungan maunya minum susu coklat. Tetapi
untuk menghindari kerusakan gigi, maka saya push anak saya untuk minum susu
putih, baik dengan membujuk atau pun mengajak dia bermain, dan segala hal
dilakukan agar mau minum susu.
Kebiasaan minum susu berlebihan, apakah Pak Inu sudah membandingkan total
pemberian untuk usia anaknya, dan berapa berat badan dan tinggi badan
anaknya. Sejauh dia tidak overweight atau tidan underweight, sebenarnya
tidak masalah dia suka minum susu agak banyak. Nanti juga, pada saat dia
mulai menyukai makanan, maka kedoyanannya terhadap susu akan berhenti dengan
sendirinya. Itu yang saya alami dengan kedua anak saya.
Mengenai pengucapan kata, ada baiknya Pak Inu dan istrinya sering-sering
mengucapkan kata dengan benar, proses ini tidak berlangsung 1 atau 2 bulan
langsung lancar. Pak Inu dan istri harus sabar dan terus menerus mengucapkan
dengan benar, walaupun sekarang anaknya masih salah, tetapi lama2 dia pasti
akan mencoba.
Anak saya dulu sampai umur 4 tahun, namanya James, tetapi dia selalu
mengucapkan Ji atau Iji, sekarang pada saat dia umur 4,5 tahun dia sudah
bisa mengucapkan Jeim, karena gurunya selalu memanggilnya begitu. Tanpa
perlu saya berikan terapi bicara, dia dapat berucap dengan benar, walaupun
untuk akhiran dia masih belum bisa terutama akhiran s, ng dan n.
Terus latih anaknya Pak, pasti dia akan bisa.

Salam
Lilis