Ibu Nathan,

Saya membandingkan anak saya Zaidan (2 th) dan Zakki (1 th).
Zaidan saya masukkan ke Kidssport umur 1 tahun lebih, Zakki umur 7 bulanan.
Zakki pada dasarnya lebih mudah untuk mengikuti kelas, meskipun ada
permainan yang dia nggak mau ikuti (contoh parasut warna-warni).
Tapi Zaidan beberapa kali sama sekali nggak mau masuk kelas, setiap dibawa
ke kelas nangis, minta keluar. Akhirnya setelah sekitar 5 kali baru mau, itu
pun masih harus saya pangku, gendong, dsb.

Kesimpulan sementara saya, mungkin lebih cepat lebih baik. Supaya dia
terbiasa bertemu dengan teman-teman "seukuran" dan bermain bersama.
Untuk ke Kidssport, dari umur 6 bulan sudah bisa.

Bedanya playgroup, pre-school, dan Kidssport.
Kalo pemahaman saya, Kidssport ini bukan jenis sekolah, tapi nama tempat
olah raga anak2. Fokusnya ke olah raga, ada berenang, tae kwon do, senam.
Meskipun ada juga kelas melukis, dsb.
Di kelas Zakki dan Zaidan, kegiatan yang dilakukan adalah mostly olah raga,
maju mundur, melompat, berguling, koprol, bertepuk tangan, serta ada juga
bernyanyi.

Untuk pre-school & playgroup saya belum mengetahui secara lengkap, mungkin
Moms yang lain bisa beri masukan.

Buat saya sendiri, Zaidan akan saya masukkan ke playgroup, dan sementara ini
yang saya ingin pilih adalah Al Jannah Cibubur, yang katanya sekolahnya
alam.
Kegiatan di sana banyak yang outdoor, ada ke kolam, menguras kolam, menabur
benih ikan, berjalan2 ke airport, dsb.

Jadi, kalau Moms lain ada masukan untuk Al Jannah & sekolah alam lainnya,
mohon sharingnya ya!

Demikian sharing saya, terima kasih.

Salam,
Meutia