TANYA:
Anak saya yang pertama ( 3 thn ), pada waktu umurnya 1- 1 1/2 tahun yg lalu
dia minum balita madu. Badannya tidak terlalu besar dan sering mencret.
Begitu saya ke Dokter Paru-paru (bukan Dokter Anak, karena waktu itu dia
gejala Bronchitis & ke dokter Anak tidak menemukan yg cocok walaupun sudah
ke dokternya pertama sewaktu dia lahir) beliau menyarankan saya untuk
mengganti dengan full cream dan saya lakukan sampai sekarang. Badannya
menjadi besar dan kencang & padat berisi. Yang ingin saya tanyakan :
Apakah benar Balita Madu sedikit lemaknya ?
Yang manakah sebaiknya, karena banyak juga yg memakai balita madu, anaknya
besar & bagus.
Apakah selera makan anak itu juga tergantung dari sedikit banyak minum susu
?, karena baby saya (8 bulan) makan mau , susu juga banyak tidak seperti
kakaknya makannya susah (tetapi dia senang ngemil) , susunya juga banyak ( 4
- 6 botol sehari) .
Apakah sudah boleh baby saya umur 8 bulan, susunya (PROMIL) diganti dengan
susu full cream kakaknya.
Waktu setelah berobat anak pertama saya diberi obat & vitamin selama 1 thn,
makannya mau. Tetapi begitu obat habis setelah beberapa bulan nafsu makannya
berbalik kembali , apakah sekarang susu harus saya kurangi atau memberi
vitamin yg pernah saya berikan dulu?

JAWAB:

Masing-masing anak mempunyai tingkat penerimaan susu sendiri-sendiri,
seperti putra ibu lebih cocol dengan full cream dibandingkan Balita Madu.
Ciri susu cocok antara lain : anak tidak mencret, sehat, dan lincah. Pada
bayi di bawah 1 tahun tidak boleh mengkonsumsi full cream. Full cream
sebaiknya dikonsumsi untuk anak berusia di atas satu tahun. Kebutuhan susu
pada balita adalah500 -600 cc / hari (2-3 gelas / hari) Untuk anak pertama
ibu, karena suka ngemil sehingga untuk makan agak sulit, maka sebaiknya
ngemil-nya dikurangi. Sebenarnya, sumber vitamin dan mineral adalah sayur
dan buah-buahan.

Menambahkan jawabab ibu Boediarti BSc (ahli gizi Klinik Anakku), saya
sampaikan : Susu formula untuk anak terbagi atas susu untuk anak berusia
kurang dari 12 bulan (infant formula) dan susu untuk anak berusia lebih dari
12 bulan (full cream). Susu infant formula banyak mengandung lemak,
sedangkan susu fullcream banyak mengandung karbohidrat. Susu balita madu
merupakan salah satu jenis dari susu fullcream yang yang kandungan
karbohidratnya lebih banyak dibandingkan dengan susu infant formula. Manakah
yang terbaik tergantung kesukaan putra ibu, karena kandungan susu fullcream
hampir sama. Badan anak yang besar (gemuk?) memang senang kita melihatnya,
tetapi sebaiknya ibu memperhatikan apakah putra ibu gemuk karena ototnya
yang membesar atau karena lemaknya menumpuk ? Biasanya anak yang makannya
cukup baik, kebutuhan susunya juga akan berkurang . Sebaiknya untuk putra
ibu yang berusia 8 bulan tetap menggunakan susuinfant formulanya, bila nanti
telah berusia 12 bulan, dapat ibu ganti dengan susu fullcream. Pemberian
preparat vitamin/ mineral sebenarnya tidak diperlukan oleh anak sehat yang
diberikan makanan yang sesuai. Pemberian preparat vitamin / mineral
diberikan sesuai dengan keperluan, sebagai suplementasi atau terapi.
Anoreksia adalah suatu gejala klinis berupa kurang / hilangnya nafsu makan.
Umumnya gejala ini tidak berdiri sendiri, namun merupakan salah satu gejala
klinis yang biasa ditemukan pada berbagai macam penyakit anak, organik atau
psikologik, akut maupun kronik. Pada anak sulit makan, belum tentu ia
menderita anoreksia murni. Mungkin saja ia hanya kurang nafsu makan karena
sakit, atau hanya tidak menyukai makanan tertentu saja. Dalam hal ini perlu
/ tidaknya pemberian preparat vitamin / mineral dan perangsang nafsu
makan,harus ditentukan oleh jenis anoreksianya dan keberhasilan pemberiannya
pun ditentukan oleh keberhasilan dalam mengatasi penyebabnya. Dalam hal ini
ibu sebaiknya berkonsultasi pada dokter dulu, untuk mencari penyebab dari
berkurangnya nafsu makan tsb.

Semoga bermanfaat.

Be Happy Everyday :  http://www.borntosuccess.com/index.php?member=maulana

Salam
Dede Maulana
ps: Buat Ibu Susi Ashera emailnya sudah saya jawab
     0264-201414 ext 466