Saya ambil artikel ini dari harian Suara Pembaharuan, semoga bermanfaat.

Gejala tipes yang khas.
Setelah melaui periode inkubasi sekitar 10-14 hari, gejala yang dirasakan
pada minggu pertama adalah serupa dengan penyakit infeksi umumnya, yaitu
demam, nyeri kepala, pusing, nyeri otot, tidak nafsu makan, mual, muntah,
sembelit atau mencret. Penderita merasakan ada ganjalan (tidak enak) di
perut, batuk dan mimisan. Suhu badan penderita meningkat.

Pola demam yang khas pada penderita demam tifoid adalah dimulai dari suhu
badan yang meningkat sedikit (subfebril) malam hari, hilang esok harinya.
Demam kembali pada malam hari, makin lama makin tinggi (panas) demamnya.

Minggu kedua, gejala sudah mulai lebih jelas, berupa demam tinggi, lidah
menjadi kotor, pembesaran hati, pembesaran limpa, kembung dan kesadaran
mulai berkabut (typos).

Perawatan.
Tifus adalah suatu penyakit infeksi serius yang bisa berakibat fatal.
Penderita harus dirawat dirumah sakit, makan makana yang lunak (diet) dan
diberi obat yang bisa mematikan kuman Salmonella. Perawatan di rumah sakit
bertujuan agar penderita tidak menyebarkan kuman, serta bisa dilakukan
pengamatan dan pengobatan yang lebih intensif. Pasien harus berbaring sampai
minimal 7 hari setelah panasnya turun, atau sekitar 14 hari.

Istirahat (tidur telentang) sepanjang hari adalah sangat penting, agar tidak
terjadi komplikasi seperti usus yang berdarah dan atau pecah. Penderita
diizinkan berjalan hanya ingin buang air besar (BAB). Makanan pun harus
dibuat selembek/selunak mungkin, namun jika tidak menginginkan tidak selalu
harus dalam bentuk bubur.

Salam,

Mamanya Elson