From: mamanya Dafi [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Thursday, March 20, 2003 2:41 PM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: [balita-anda] Anak 3 tahun tiba-tiba jadi cengeng

Mbak, coba diteliti apakah dalam 2 minggu terakhir ada
perubahan dalam rutinitasnya, misalnya ganti pengasuh,
habis sakit, ada keluarga yang meninggal, nonton acara
yang menakutkan/mengharukan, mimpi, masuk sekolah,
pindah, pindah kamar dll.
Cengeng dan kolokan biasanya berhubungan dengan
keadaan insecure pada anak segera setelah dia merasa
yakin lingkungannya aman biasanya dia kembali seperti
semula. Kalau sudah ketemu bisa ditentukan langkah
yang tepat, tetapi jika penyebabnya tidak diketahui
yang penting diskusikan dengan anak apa yang membuat
dia tidak ingin ditinggal, yakinkan lalu tetapkan
target yang disetujui bersama, misalnya
- 1 hari ditunggui full oleh ibu
- 1 hari ditunggui sampai masuk kelas, saat istirahat
dijenguk dan saat pulang dijemput (jangan sampai
terlambat dari waktu yang disepakati)
- 1 hari Ditunggui sampai masuk dan saat pulang dst.
Jangan lupa iming-imingi dengan reward kalau dia
berhasil mencapai target.
Yang penting jangan terlalu khawatir dengan tes masuk
PG nya, kalau memang tidak diterima artinya memang
anak mbak tidak fit disitu, carilah PG yang tidak
terlalu 'demanding' terhadap anak karena keberhasilan
pendidikan pra sekolah lebih ke pengembangan attitude
kemandirian dan sosialisasi daripada kemampuan
akademik.

Mamanya Dafi

--- "Misty A. Maitimoe" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Dear netters,.
>
> Saya mau tanya dong, tentang anak pertama saya,
> perempuan usianya pas 3
> tahun minggu lalu. Sejak dua minggu yang lalu, dia
> kok mendadak jadi cengeng
> sekali ya? Trus jadi kolokan minta ampun sama saya.
>
> TAdinya saya pikir karena baru punya adik, tapi
> enggak juga kok, karena
> adiknya sudah 6 bulan dan selama ini dia nggak
> cengeng.
>
> Susahnya kemarin dia tes observasi di preschool,
> nggak mau saya tinggal.
> Kalau disuruh sama gurunya sih mau, dan bagus
> [...]

Yahoo! Platinum - Watch CBS' NCAA March Madness, live on your desktop!
http://platinum.yahoo.com

---