Halo mbak,
Sebaiknya mainan nya diberi nama pemiliknya dan
dipisahkan tempatnya, jadi waktu rebutan kita tinggal
lihat namanya dan bilang : ' Oh ini punya Zakki, ayo
berikan dulu, nanti mainnya setelah Zakki'.Untuk
mainan yang hanya 1 ditarget waktu mainnya, berikan
pilihan apakah Zaidan mau main dahulu atau belakangan
(tekankan untuk memilih main belakangan dengan iming2
waktu main yang lebih lama sehingga melatih kakak
mengalah).
Kalau anak lebih dari 1 prinsip sharing sudah mulai
bisa dipraktekkan, berikan rule utamanya :
1. Yang berhak main adalah pemilik mainan, yang bukan
pemilik harus sabar menunggu giliran
2. Yang paling pinter adalah yang suka sharing mainan
dan tidak merebut mainan

Anak pertama rata2 dominan karena lingkungan
menempatkan dia sebagai the only star, saat adik lahir
sudah pasti kedudukannya tergeser oleh si new star
sehingga ortu harus sedikit lebih berat ke yang besar
agar reaksinya tidak merusak tapi si adik juga tidak
boleh selalu dikalahkan, kalah-menang dalam interaksi
saudara memperkaya anak dengan berbagai macam jenis
emosi (kecewa, menang, tersisih dll).

Adiknya jadi agresif karena belajar dari tingkah laku
kakak sehingga sekali2 kita bisa katakan ke Zaidan
'Kak, adik itu suka niru orang besar lho, jadi kalau
kakak suka ngerebut mainan nanti adik niru, kan nggak
bagus ya, coba kakak sabar dulu nanti kalau udah 5
menit gantian kakak yang main'

Dafi sampai sekarang masih the only star, tapi saat
bertemu dengan teman2 atau adik sepupunya dia sudah
mengerti kalau menunggu giliran lebih tinggi nilainya
dari merebut dan mau sharing mainan akan menghasilkan
pujian.

Mamanya Dafi