Bu novi, dulu waktu anak saya umur 2,5 bulan juga naik pesawat
   sama dokter dikasih surat rekomendasi untuk naik pesawat, waktu
   kita mau bording, kasihkan surat itu ke pramugarinya,
   nggak usah dikasih kapas, cuma mulut bayi harus dalam posisi
   terbuka, mimik, atau susu botol (kita juga khan suka dikasih
   permen yang tujuannya supaya mulut terbuka, sehingga tekanan
   ditelingga ngaak keras. pada saat take-off and landing)
   kalau dalam posisi sudah terbang boleh dilepas), cuma waktu
   itu anak saya tidur sambil terus mimik sampai pesawat landing
   kurang lebih 1 jam.
   waktu umur 9 bulan juga dia naik pesawat, tapi nggak dikasih
   surat rekomendasi dokter, pramugarinya juga nggak nanya....
   tapi tetap harus mimik....... so far nggak ada masalah
   segitu aja sharingnya, moga bermanfaat