Menurut saya asalkan dia sehat Bapak tidak perlu khawatir. Anak saya Sekar (23 bln) baru tumbuh gigi diusia 17 bulan., sekarang jumlah giginya 8, tapi dia sudah bisa jalan sebelum satu tahun dan sangat lancar ngomongnya. Menurut DSA kami nggak apa-apa kok malah sisi baiknya giginya juga mundur jadwal tanggalnya :)) Banyak kemungkinan penyebabnya, antara lain calon giginya sulit nembus lapisan gusi. Kalo nggak salah nih, jika sampai 2 tahun dia belum tumbuh gigi sebaiknya dibawa ke dokter gigi untuk check apakah ada calon giginya. Sambil menunggu kasih gigitan untuk merangsang pertumbuhan giginya.

Trus kalo sekarang belum merangkak, mungkin anak Bapak memang tidak melalui tahap tersebut tapi langsung jalan. Keponakan saya juga begitu kok.

Semoga membantu.

Regards,
Atik