Mohon maaf jadi ikutan nimbrung nih, kalau dari DOSG saya justru paling
aman adalah spiral karena alat kontrasepsi ini sifatnya tidak hormonal
mungkin sebetulnya memang cocok untuk saya yang mempunyai bakat tumor
jinak, dulu saya pernah angkat benjolan di payudara (maaf), untuk itu
beliau menyarankan pakai sprial saja, saya aman-aman saja dan tidak ada
ganguan hampir 2 th ini.  Mungkin ada rekan lain yang bisa sumbang saran ??

                      "Ayu Wulandari"

                      <[EMAIL PROTECTED]         To:      <[EMAIL PROTECTED]>

                      maco.co.id>               cc:

                                                Subject: Re: [balita-anda] KB; OOT

                      05/13/03 10:00 AM

                      Please respond to

                      balita-anda

Berdasarkan survey yg ada, dari berbagai jenis alat kontrasepsi dipasaran.
Yang paling aman itu PIL KB. Ini saya dapatkan dari milis tetangga dan saya
sdh konsultasikan pad DOSG saya. Pernyataan beliau pun membenarkan hasil
survey tsb.

Selepas melahirkan kemarin saran DOSG saya pakai spiral, cuma saya takut
sakit (masih trauma stlh melahirkan, kok ada barang asing yg dipasang
ditubuh kita, pasti sakit lagi)selain itu riwayat dari keluarga, tante2
maupun kakak2 yg pakai spiral semua nggak cocok. Nggak cocoknya, ada yang
terus menerus mengalami pendarahan, ada yang "lolos" lagi.
DOSG saya menganjurkan suntik, ternyata nggak cocok u saya, sebulan full
terjadi pendarahan.
Akhirnya dihentikan dan beralih ke pil.
Dari DOSG saya tersebut, saya baru tahu kalau alat kontrasepsi yg aman itu
pil. Itudari hasil survey dan diedarkan disbuah majalah(saya lupa majalah
apa, selain itu saya hanya baca foto copy yg beliau pinjamkan sementra ke
saya). Disitu dijelaskan, bahwa pil KB mengurangi resiko tumor / kanker
rahim. Sebab, tidak ada sel telur yang terbuang secara sia2.Sempet saya
ragu, tp semua itu diperkuat o/ saudara saya yg kebetulan apoteker dan
seorang rekan saya yg tahu sedikit banyak ttg dunia kedokteran.
Alhamdulillah sampai sekarang tidak ada permasalahan didiri saya.Mitos yg
keliru di masyarakat kita mengenai alat kontrasepsi bikin kita gemuk,
sebaiknya jgn diambil hati. Gemuk / tidaknya kita tergantung hati kita dan
kemauan kita u menjaga tubuh kita.

Kalau alat kontrasepsi yg lebih aman lagi, sebenarnya sistem kalender. Tapi
siapa yang tahan....He...he...he...(kalau kaum ibu sih InsyaAllah bisa, lha
kaum ayah???? Ups, maaf jika ada yg tersinggung)