Dear netters
Adakah pengobatan alternatif untuk mengobati penyakit TB atau  flex paru -
paru
Karena kasihan juga kalau masih balita harus minum obat terus menerus
sampai beberapa bulan

Terima kasih

Arum

----- Forwarded by TOPSIndonesia Accounting/ID/AP/Ahold on 06/09/03 01:32
PM -----

                    Yossy

                    Oktoviany            To:     [EMAIL PROTECTED]
                    <[EMAIL PROTECTED]       cc:

                    .id>                 Subject:     RE: [balita-anda] Pengobatan TB

                                          pada bayi dan balita

                    06/09/03 09:46

                    AM

                    Please respond

                    to balita-anda

Mbak Misty,

Peristiwa yang mbak alami persis yang saya alami kira-kira 1 tahun yang
lalu. Pembantu kami yang sudah ikut sekitar 3.5 tahun ternyata terinfeksi
TB. Awalnya sih dia agak batuk-batuk, terus saya suruh rontgen sekalian,
dan
positif terinfeksi TB.

Seluruh rumah disuruh rontgen dan anak kami yang ke-1, waktu itu usia 3.5
tahun positif terinfeksi TB. Tapi TB untuk anak jenisnya tertutup, jadi
tidak menular. Indikasi TB sebetulnya juga bisa terlihat dengan kenaikan BB
yang tidak baik selama 1 tahun terakhir.
Proses pengobatannya cukup panjang (7 bulan) dan harus telaten karena tidak
boleh terlewat lebih dari 24 jam (cmiiw). Kebetulan anak kami ditangani
oleh
DSA sub spesialis Paru Anak di Hermina Jatinegara (dr. Bambang Supriatno).
Untuk pemberian obat (OAT) DSAnya membagi obat racikan dalam 3 kali minum,
dan salah satunya diminum 1 jam sebelum makan (saya ngasih obatnya sebelum
mandi pagi, krn harus sarapan). Dan dosisnya berkurang selama proses
pengobatan. Alhamdulillah setelah diobati anak saya mengalami kenaikan BB
sampai 5 kg, dan sekarang BBnya masih naik setelah lepas obat.

Tapi kalo boleh kasih saran mbak, apabila selama pengobatan, anak mbak
terkena flu atau sakit panas, mending ke DSA yang nangani TBnya ya mbak,
supaya obatnya nggak overlap. biar aman aja. Dari konsultasi saya dengan
DSA, ternyata OAT kalo bercampur dengan obat lain ada yang berdampak ke
Liver. Tapi kalo diobati dengan benar insyaallah nggak berdampak kok.

Untuk informasi penyakit TB secara lengkap, bisa searching di internet,
atau
di buku-buku kesehatan.

Sabar aja mbak, kami turut berdoa semoga anak-anak mbak cepat sembuh,

salam
Yossy