Dear all

FYI, saya sangat setuju dan menyarankan untuk menjalankan alternatif yang diberikan oleh Mbak Ipung (menunda sampai usia tertentu), anak saya Zalfa (cowok) telah terlanjur diberikan vaksin MMR sebelum umur 2 th/belum dapat bicara dan memang agak telat perkembangan kemampuan bicaranya (speech delayed).
Namun ada beberapa point penting yang bisa jadi pegangan kita :
- Memang vaksin MMR ini masih kontroversial.
- Sebagian terbesar DSA berpendapat MMR tidak menyebabkan AUTIS, but bagi anak yang memang mempunyai bakat kecenderungan autis, MMR akan menjadi pemicu (itu salah satu informasi dari DSA saya / Dr. Adi Tagor).
- Kalau kita ragu ada baiknya menunda pemberian MMR sampai anak berusia 2 th / perkembangan motoriknya sudah baik, sudah dapat berbicara dengan baik, etc (DSA saya yang lain pernah juga memberikan solusi demikian).
- Sampai saat ini saya belum pernah membuktikan bahwa keterlambatan kemampuan Zalfa dalam belajar bicara disebabkan oleh vaksin MMR.
- Pilihan kembali terpulang pada moms & dads, mana yang terbaik

Salam,

Papa Zalfa