Mbak Sofyani,
Anak saya (Raihan, 18 bulan) dulu juga pernah seperti itu, ganti susu langsung mencret
dan sakit. Tapi setelah saya kembalikan ke susu semula langsung ceria dan sembuh. Yang
penting ketika mencret dan muntah-muntah kita harus sering kasih minum (terutama
oralit, susu agak dikurangin).
Untuk anak yang susah makan, mungkin kita bisa menyiasatinya dengan sering memberinya
camilan yang bergizi (bisa kita buat sendiri, biasanya saya suka bikin yang ada telur
dan ikannya dicampur dengan sayur ), diselingi dengan camilan buah-buahan. Atau kalau
kita nggak sempat kita beliin aja kue-kue yang bergizi (saya suka beliin dia kroket
kentang). Tapi lebih baik kalau kita buatin sendiri karena kita yang tahu campuran
bahan-bahannya.
Pokoknya kapan dia lengah (bermain misalnya) kita bisa kasih dia camilan. Yang penting
ada makanan yang masuk.