Skedar sharing..
Kavinku kalo BABnya rada keras tu tandanya kebanyakan makan manis... n
kurang serat....
So, aku banyakin aja makan buahnya (kec pisang krn pisang sewring bikin
BABnya kersa...) n banyakin makan air putih...

Pernah juga Kavin susah BAB gara2 dia keasikan main krn ada sepupunya
yg nginep... so gak konsen klo mo BAB...  rada nahan  BABnya krn amin..
akibatnya nih faeces kelamaan di dalem n ngeras...
so saat udah pgn bgt BAB n bisa konsen rada susah tuh.... mana pake
ngeden bgt.. kasian deh klo inget...
Klo gitu aku bantuin buat ngurut dikit perutnya pake minyak telon n ngluarin
mijit atas duburnya... sori nih rada vulgar... caranya nih... Kavinnya aku
tatrur
trus  sm diliat klo udah mintip mo kluar faeses kerasnya pijit lembut bagian
atas dubur...... sikit BABnya kluar rada keras... klo yg keras tsb dah kluar
lama2 biasa lagi....

So, kalo boleh saran nih intinya perbanyak makan serat (bs sayuran, buah,
ager2) or youghurt bs juga yakult kurangi makanan manis n perbanyak
minum air putih...
n kalo bisa anak BAB dlm suasana yg nyaman alias tenang...biar bisa konsen
lah..... biasain tiap hari ke toilet utk BAB.. walopun gak minta.. ntar lama2
kan
jd kebiasaan..

Ok, smoga bs bantu yah..

Uci mamaKavin