fajarzs <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> dear all,
>
> Ini saya share pengalaman pribadi saya pada bulan juli kemarin waktu
nungguin istri ngelahirin. Sebenarnya mulai hari kamis malam, 28-07-
> 2005, istri saya mulai kerasa kontraksi. istri saya namanya nina. Tapi
jedanya masih lama, kira-kira setiap 2 jam sekali. Trus hari jum'atnya
tambah sering, kira-kira sejam sekali. Jum'at malam nina masih nemenin saya
maen basket ama temen-temen. Dua malam itu saya gak bisa tidur, karena dia
terus ngeluh kesakitan.
> Sabtu pagi, habis sholat subuh, kira-kira jam 5 pagi nina ngeluarin darah.
Udah deh cepet-cepetan ke dokter kandungan terdekat. Tas 2
> buah yang isinya perlengkapan melahirkan (baju bayi dan bajunya nina)
langsung disambar. Tas itu udah disiapin sejak kandungan menginjak umur 8
bulan. Naik sepeda motor, boncengan. Hehe.. gak minta tolong tetangga atau
temen-temen kantor. Pokoknya langsung berangkat aja.
> Saya dan istri emang sendirian di rumah. Kontrak rumah mulai bulan april
2005. sebelumnya kos sekamar berdua. Rumahnya agak besar tapi belum ambil
pembantu, karena saya pikir kerjaan rumah masih bisa diatasi berdua. Lagian
dari awal nikah sampai sekarang emang saya "dilepasin" ama ortu. Baik ortu
sendiri ataupun mertua. Dilepasin sendiri dalam arti yang sebenarnya.
Jadinya sampai ngelahirinpun saya juga bertekat untuk dijalanin berdua tanpa
bantuan orang lain.
> Sabtu pagi masuk rumah sakit, langsung ngamar. Dicek ama dokter, emang
udah waktunya ngelahirin, tapi masih bukaan 1. Sampai jam 10 malam baru
bukaan 2. lama banget, sampai kasihan ngelihat nina kesakitan. Setiap 3
menit atau 5 menit sekali dia kontraksi. Saya ikutan nangis ngelihat dia
nangis. Sampai saya bilang ke dia, ya udah kalau emang sakit banget gak usah
lahir normal. Dioperasi aja langsung. Jam 7 malam saya ngomong ke dokter
minta dioperasi. Tapi dokternya bilang, jangan dululah. Eman, karena posisi
bayinya udah pas di jalan luar. 90% bisa normal, kenapa harus operasi. Oke,
akhirnya nina dan saya mutusin untuk normal aja. Jam 2 pagi dicek lagi ama
dokter, tenryata dah bukaan 6. Karena kelamaan, akhirnya diputusin
ketubannya dipecah duluan. Trus jam 2.45 anakku lahir.
> Waktu-waktu itulah nyawa sang ibu dipertaruhkan. Darah banyak keluar.
Padahal dia harus mengejan untuk ngeluarin bayinya. Jadi kalau kondisi sang
ibu lemah, dikhawatirkan malah gak bisa ngeluarin bayi. Dua-duanya rentan.
Meskipun sebelumnya nina sempet muntah-muntah
dan badannya lemes, alhamdulillah nina masih cukup kuat mengejan. Tapi masih
sedikit dibantu ama vacuum, buat narik anaknya dari rahim.
> Satu hal saya aku dapatin dari peristiwa itu. Ternyata kita, manusia ini
gak ada apa-apanya dibandingin Gusti Allah. Segala sesuatu di semesta ini
gak akan ada artinya tanpa Dia. Saya gak tahu seperti apa jadinya nanti anak
saya. Apakah dia cewek? Atau cowok? Apakah anak saya ntar lengkap? Apakah
ntar dia normal? Apa dia cantik, ganteng? Saya gak tahu apa-apa, dan saya
juga gak bisa berbuat apa-apa untuk mengkondisikan biar anak saya nanti
menjadi seperti yang saya pengenin. Itu baru secara fisik. Belum nanti sifat
dan karakter dia.
> Apakah karakter dia mirip saya? Atau mirip ibunya? We are nothing! Yang
bisa saya lakukan cuman satu, berdoa ke Gusti Allah! Hanya berdoa jeck!
Mohon agar anak saya dilahirin normal, cantik, sempurna, lengkap, pinter,
cerdas, shalihah, punya takdir yang bagus, berguna bagi orang tua,
lingkungan, negara dan agamanya, serta sabar dan tawakkal.
> Di sisi yang lain, Allah juga memberikan pelajaran yang amat sangat
berharga buat saya dan nina.
> Saya udah cerita kan kalau saya bertekat melewati semuanya sendirian.
> Dan memang sejak nikah saya sendirian. Berdua hanya dengan istri.
> Semua yang saya peroleh saat ini adalah murni hasil keringat darah
> saya sendiri, tanpa bantuan siapapun dan sedikitpun.
> Tapi ternyata untuk kasus melahirkan anak saya ini, dukungan psikologis
dari ortu sangat-sangat dibutuhkan. Saya butuh ortu yang mendampingi proses
kelahiran anak. Atau kalaupun bukan ortu,ternyata saya butuh temen yang mau
menemani saya melalui proses itu. Mertua emang datang sih, tapi berangkatnya
baru sabtu malam dari surabaya. Jadi nyampe banyuwangi hari minggu pagi,
subuh.
> Ngelahirin anak cuman berdua di rumah sakit, tanpa ditemenin ortu, rasanya
nelangsa banget. Ngelihat isteri kesakitan, rasanya jadi ikut sakit.
Ngelihat isteri nangis, aku jadi ikut nangis. Sepanjang hari sepanjang malam
cuman berdoa sambil baca-baca ayat apa aja. Saat itulah ketergantungan kita
sama Gusti Allah bener-bener terasa.
> Terasa juga kebutuhan dukungan psikologis dari keluarga.
> Saya punya temen di kantor sebut saja namanya hari, yang sebelumnya saya
gak begitu seneng. Saya gak begitu respek ama dia. Dan
istrinya. Kebetulan isterinya juga hamil, kira-kira 2 bulan lebih muda dari
istri saya. Ternyata ibu mereka dan mereka sendirilah yang menemani keluarga
saya di rumah sakit! Subhanallah. Gusti Allah banyak nolong saya selama
kelahiran anak pertama ini, melalui tangan temen saya itu.
> Sabtu siang, hari dan ibu mertuanya ke rumah sakit. Njenguk istri saya.
Gak lama sih, habis ashar mereka pulang. Tapi mereka balik lagi
malamnya habis isya ke rumah sakit. Waktu itu saya bilang ke hari, supaya
ada beberapa temen kantor yang mau ke rumah sakit nemenin
saya di situ. Gak usah ikut melek gak papa. Tidur aja di bed
sebelah.Yangsaya butuhin, pas nengok masih ada temen di sebelah.
> Mertuanya hari denger. Mungkin dia ngerasa kasihan. Akhirnya dia yang
nungguin istri saya ngelahirin sampai selesai. Bahkan hari dan isterinya,
yang lagi hamil, juga ikut datang ke rumah sakit dan nungguin sampai selesai
juga. Saya semakin yakin jeck, bahwa semua itu juga bukan kebetulan semata.
Semua sudah diatur sama Allah.
> Btw, meskipun bukan kebetulan, saya juga masih yakin kalau dalam takdir
itu masih ada proses negosiasi antara manusia dengan Allah.
Karena itulah, Allah menyuruh kita untuk berdoa. Emang sih prosentasenya
kecil banget, karena dalam negosiasi itu dibutuhkan konsistensi dan
disiplin. Dan kita manusia paling susah disuruh konsisten dan disiplin.
Dalam konsisten itu terdapat sabar.
> Kejadian itu sangat berharga buat saya. Gusti Allah nunjukin ke saya,
kalau saya dan isteri gak boleh benci atau ngerasa gak enak ke
orang lain. Semua harus dijalani dengan ikhlas. Karena mungkin saja suatu
saat nanti, kita akan ditolong oleh mereka yang kita benci itu.
Kalau konsepnya sufi kan emang kita harus baik ke semua orang, karena kita
gak tahu doanya siapa yang dikabulkan oleh Gusti Allah. Allah
menjungkirbalikkan dan memporakporandakan segala hal yang selama ini
bercokol di pikiran saya.
> Pelajaran ke tiga yang saya dapet, adalah bahwa memang bener surga itu ada
di telapak kaki ibu. Ridha orang tua terutama ibu adalah ridha Allah.
Sebelumnya memang kita udah banyak dikasih tahu, kalau kita harus berbakti
ke ibu. Tapi kan belum ada fakta. Setelah
proses kelahiran anak saya ini, saya semakin yakin. Bahwa doa orang tua
terutama ibu itu makbul. Barang siapa yang berani ke ortu, hidup
dia ntar bakal tersendat-sendat. Gak lancar. Tapi kalau ortu udah ridha,
insyaAllah hidup dia akan lancar.
> Bagaimana enggak jeck, ibu nahan rasa sakit sedemikian lamanya. Dan
sedemikian hebatnya. Belum lagi selama 9 bulan, si ibu harus merasakan
banyak hal yang gak enak. Si bapak juga harus sabar nemenin dan ngelayanin
segala keinginan isterinya. Mijitin kalau si istri lagi capek badannya.
Ngopeni isterinya yang selama 9 bulan aktivitasya terbatasi oleh
kandungannya. Apalagi waktu proses ngeluarin bayi dari rahim. Lubang vagina
kecil segitu harus dilewati bayi segitu gedenya. Subhanallah jeck, Allah
memang maha besar.
> Setelah ngelahirin juga si ibu gak bisa langsung beraktivitas. Dia harus
pulih dulu dari sakitnya. Suaminya lagi-lagi harus sabar ngopeni isterinya.
So, jangan sekali-sekali berani ke ortu yah.
> Apalagi berani ke ibu. Jangan deh...
> Pelajaran ke empat yang saya dapet, ternyata sperti apa nanti anak kita
jadinya, semuanya tergantung sama kita. Orang tuanya! Mau dijadikan islam,
terserah kita. Mau dipinterin, terserah kita. Mau diopeni atau dibuang,
terserah kita. Atau mau dibunuh sekalipun juga terserah orang tuanya. Kalau
ortunya nggenah, anaknya pasti nggenah.
> Kalau ortunya gak nggenah, anaknya pasti bakalan gak nggenah.
>
> 4 hal itu yang saya dapat. Bahwa Gusti Allah itu memang Maha Besar,
berbaik-baiklah kepada semua orang tanpa kecuali, jangan pernah berani ke
orang tua apalagi ibu kita, dan nasib anak kita nantinya tergantung
perlakuan kita saat ini sebagai orangtuanya. Semoga berguna juga buat
semuanya.

> Aziz.
> Praktisi perbankan domisili di banyuwangi.

Usaha buat mastiin para bujang n para gadis buat gak takut merit...........
Muslifa Aseani
Jalan Kanfer Utara V 246 Banyumanik Semarang
http://www.bayipertama.com?id=lucky
http://www.smsbisnis.com/?id=08179555736 [Semua no, kecuali Pro XL]
http://www.myidol88.blogspot.com [klik iklan gugelku sminggu sekali
yaaa....dolar hunting nih]
Open Minded&Positive Thinking, Good Combination 4 Ur Brain

Kirim email ke