From: "Dewi" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: Tuesday, June 17, 2003 9:57 AM
Subject: Re: [balita-anda] Anak nangis kalau ditinggal

> Mamanya Ruru,
>
> Emang bener, anak usia segitu mulai rewel kalo ditinggal.  Katanya sih,
sampe 3 usia tahunan (mohon dikoreksi Pak Taufan).  Saya juga pernah baca
mengenai Separation Anxiety di Album Ayabunda (sekali lagi CMIIW)

> Nggak ada hubungannya sama masuk sekolah usia 10 bulan atau berapa bulan.
Wong anak saya masuk Tumble Tots umur 7 bulan, belum lagi sering diajak main
dan jalan, masuk sekolah 'agak' formal usia 1 tahun, eh, ketika menginjak
usia segitu tetep aja rewel kalo ditinggal.

> Kayaknya sih mendingan terus terang ke anak, dan nggak usah ngumpet (kalo
bisa), dan bener kata moms yang lain, cari sesuatu untuk mengalihkan
perhatian dia.  Walau nangis pun, itu cuman sebentar, dan dia akan terbiasa
juga mulai mengerti.

Cuma,
>   apa tiap pagi mesti dibeliin balon terus, kan repot. Saya heran, padahal
>   Ruru saya sekolahin di Gymboree sejak umur 10 bulan, setiap sore dibawa
>   mBaknya jalan jalan keliling kompleks gaul sama anak sebayanya, kadang
saya
>   bawa maen juga ke Ancol, kekolam renang, ke TMII, arisan keluarga etc.
Mohon