Dear mbak Titus,
maaf kalau nggak ngebantu, kalau menurut saya caesar nggak caesar itu
bukan suatu pilihan eksak dimana jawabannya  benar atau salah.... sekedar
cerita. waktu istriku hamil,  aku yang paling keras bilang ... harus
normal alasannya macam2 , biar komplit lah jadi perempuan, biar terasa
bagaimana beratnya melahirkan sehingga nantinya ke anak tidak sia2. Selama
kehamilan aku yang paling sibuk, dari jaga makanannya, ngajak senam hamil
baik di Rs maupun bantu lewat nonton VCD, ngepel rumah bareng2, bahkan
jalan pagi di kehamilan terakhir, semua itu demi perjuangan mencapai kata
"normal". Kemudian menjelang kelahiran dokternya pun support   dengan
statementnya " tidak ada alasan untuk caesar". Namun cerita juga yang
mengatakan, bahwa si kecil harus caesar, itu karena semua  pertimbangan
keselamatan anak dan ibu, dimana dah 30 jam sejak masuk RS, bukaannya baru
4 sedangkan kondisi istriku sudah lemah sekali, jadi dengan izin orangtua
dan mertua kita putuskan untuk di caesar aja, demi keselamatan ibu dan
anak.
Dan Alhamdulillah, mitos itu terpatahkan, kami sayang sekali sama si
kecil, sakitnya pun untuk caesar  sepertinya lebih banyak dari normal....
Jadi kesimpulannya, kalau menurut saya,  jangan saklek untuk normal, tapi
usaha ke arah situ jalan terus. Mana yang terbaik untuk ibu dan anak
aja...

Sekali lagi, maaf kalau nggak ngebantu...............

Wirza Arifianto
papanya Naufal

Subject:    [balita-anda] Pengen Melahirkan Normal

Dear Parents,

  Aku rencana mau hamil lagi anak ke-3. Kedua anakku lahir dengan cara
caesar, Yang pertama kelilit tali pusar (kata dokter) yang kedua
dokternya ga mau karena yang pertama caesar padahal sebelumnya aku udah
wanti2 mau normal, tapi pas udah bulannya dia bilang ga mau tanggung
resiko, padahal tidak ada kelainan apapun pada kehamilanku. Karena
dokter bilang begitu dan itu udah bulannya jadi aku ga berani pindah
dokter. Yang aku mau tanya. Ada moms yang pernah melahirkan normal
setelah dicaesar 2 kali?????

  Thanks,
  Mamanya Regina & Gloria

http://mail.yahoo.com