dear mbak,

aku paste tanggapan seorang DSA di milis sebelah mengenai makanan suplemen,
baik multivitamin, seven seas, stimuno, curcuma, dll.

cheers,
=listi=
http://jarangtulis.blogspot.com

Rangkuman Jawaban dr.Wati di Bunga Rampai (BR) mengenai Suplemen/Vitamin

16. PENAMBAH NAFSU MAKAN - SRI RAHAYU - 150305
Sri sudah pernah buka file multivitamin dan suoplemen di folder milis ini?
Sudah baca Pelangi 5 - PRUDC?
Di  berbagai  BR juga sering disinggung perihal nafsu makan ... Dalam dunia
medis  ... tidak ada "obat" perangsang nafsu makan  ... Gak usah aja ya ...
bisnis  aja  tuh  Sri  ...  sayang  uangnya  ...  daripada  diberikan untuk
menyuburkan  pemegang  saham  pabriknya  ...  mending ditabung untuk ongkos
sekolah anakmu kelak.
Begitupula  halnya  dengan multi vitamin ... Gak perlu kok ... makan normal
dan konsumsi makanan sehat sesuai piramida makanan yaa...

6. ISEP INGUS DAN VITAMIN - IBU ZIDAN, PUDJI, 280305
Saya tidak menganjurkan untuk mengisap ingus dengan mulut kita ... kan
mulut kita juga penuh kuman meski kebanyakan kuman baik ...
Di lain pihak .. penelitian membuktikan bahwa ibu yang menderita gigi
bolong (karies gigi) biasanya bayinya pun akan tertular sehingga rentan
mengalami karies gigi nantinya ... Bagaimana penularannya? antara lain
melalui pemakaian alat makan bersama; ibu membersihkan empeng bayi dengan
mulutnya .,... dst dst
Kalau boleh usul ... berikan breathy aja ya 3x 1 tetes pasti ingusnya
keluar dan ngocor!! Tanpa harus diisap
Vitamin???  ahhh  kan  sudah  sering  dibahas  yaaa...  gak usah aja ya ...
seperti yang dikatakn Pudji itu lhoo

21. PROLACTA, VITAMIN, SUPLEMEN, DLL
Thanks buat para SP yang sudah membantu meluruskan isu seputar vitamin,
suplemen, termasuk PROLACTA
Ada beberapa RS/RB yang sepertinya rutin dari lahir bayi sudah diberi
prolacta ... sediiih sekali saya ...

LINDA DODOOH ... tidak benar prolacta itu dibutuhkan oleh anak. Pola makan
yang baik dan kasih sayang serta stimulasi ... itu yang dibutuhkan anak ...
bukan sirup kimiawi yang tidak ada uji klinisnya 0perihal efficacy and
safety nya tetapi diperdagangkan seolah "ANAK AKAN MERUGI BILA TIDAK DIBERI
SUPLEMEN TSB"

Logika saja ...bagaimana ketika kamu kecil, ketika saya kecil, ketika Bung
Hatta kecil ... gak prolacta ... apakah kita otomatis menjadi DUMBER?

IBUNYA  AHMAD/JELI  ITENG  ... sudah tahu kan ya jawabannya ... Ahmad tidak
perlu  suplemen  ... bukan karena usianya baru 5 bulan ... melainkan karena
kita memang tidak memerlukannya ...ASI sudah lebih dari cukup.

6. KALSIUM BENTUK PUYER - STEPHEN - 060405
Nah... senang kan jadi member milis sehat .. sudah langsung ditanggapi ..
Bener lho ... susu formulanya kan sudah mengandung kalsium. Makanannya juga
seperti keju, yogurt, ikan, kuning telur ... kenapa mesti kasih kalsium
suplemen?
Di lain pihak .. siapa bilang tidak ada kalsium sirup.... hehehe ...
Di lain pihak .. Luluk betul .. sebaiknya para SP membiasakan ketika anak
sakit dan memerlukan obat ... upayakan tidak dalam bentuk puyer.

16. SUPLEMEN
Terimakasih ... hari ini ada yang membantu saya soal suplemen... saya juga
bingung kenapa kita percaya saja kepafa iklan suplemen ... tidak sedikit
anak diresepkan multivitamin ... dan bahkan belakangan ini (baca sharing
obat ... saya miris membacanya dan sampai saat ini gak mau berkomentar hehe
.. thanks ya Shereen ... memang mestinya kami para dokter lah yang makan
suplemen2 tsb ketimbang anak2 hehehehe) ... perempuan diberi infus vitamin
C oleh dokter kulit ... buat apa? Nanti malah diare ... bahkan katanya
kebanyakan vit C bisa saja bikin batu ginjal ...

Nah cenjien di surabaya ... gak ada suplemen pelancar ASI ya ...
suplemennya adalah kasih sayang, niat, kesabaran, dean percaya diri ...
DICKY   -   diabetes  mellitus  alias  kencing  manis  bukan  beras  herbal
penyelamatnya ... pola hidup ... coba deh browse diabetes...

7. SUPLEMEN TIDAK BERGUNA - SYIFA - 180405
MENANGGAPI MIRKA - BATUK SAAT HAMIL LASERIN DAN CDR
Thanks ya Syifa atas asupannya ... saya kutip ringkasannya
"kebanyakan suplemen yang ada di pasaran itu tidak berguna untuk kita, so,
anjurannya adalah, makan dengan diet yang seimbang sesuai kebutuhan. lebih
baik makan buah yang mengandung vitamin C dalam
kadar yang kita butuhkan (walaupun kelihatannya sedikit sekali dibandingkan
CDR atau You C 1000 yang vit.C nya sampai 1000 mg)tapi teratur setiap
hari."
Bravo!!

1, SUSAH MAKAN - YENNI - 200405
Bagaimana Nadhif? Thanks buat para SP yang sudah menanggapi ... Makannanya
pakai ASI dong... kan sudah sering para SP sharing Yen.
Kedua ... hehehe mau kasih vitamin? Vitamin apa? Hehehe

19. FIBRE - MENANGGAPI SINDIHI - 260405
Thanks ya atas tanggapannya
Cuma mau koreksi sedikit kalau boleh hehehe
makan serat dari sumbernya saja deh, sayur,  uahm, oat meal, dll dll
ketimbang beli yang jadi .. kenapa?
Kalau  di  buah  sayur  dll ada substansi yang namanya PHYTOCHEMICALS.  ...
suatu  zat  yg  tidak  ada pada serat olahan pabrik ... phytoichemicals ini
selain  baik  untuk  pencernaan juga mengurangi risiko [enyakit jantung dan
mengurangi  risiko  kanker  usus  besar ...suatu bukti lagi bahwa buatanNya
memang tidak atau sulit ditandingi.

4. IBU HAMIL PERLU IMBOOST? - AYYA - 200505
Bravo!! Wah bagaimana ibu2 di Singapore, Malaysia, filipina, tailan,
jepang, australia ... yang gak punya imboost? apakah kehamilannya
terganggu? Kan gak ya
Temanmu  sudah benar. Makan sehat dan kalau vitamin cukup zat besi saja ...
Asam folat juga sudah diragukan manfaatnya bila kehamilan sudah 7 bulan.

12. ASI VS MOLOCO B12 - TETI - 200505
Tet ... ASI gak bisa diperbanyak dengan mengkonsumsi molocoB12 hehehe meski
kamu makan berkilo2 hehehe
Relaks, tenang, PD, makan sehat, OR teratur ... kasih sayang ... itu sudah
lebih dari cukup
sIMPAN  aja  deh uangnya buat sesuatu yang lebih berharga misalnya tabungan
pendidikan anak.

24. MOLOCCO B12 HARAM? - SEPTI - 230605
Saya tidak akan membahas haram halalnya
saya hanya mau menekankan untuk kesekian kalinya .. apa sih molocco itu?
Tidak ada dalam SOP ibu menyusui perihal pemberian moloco
Tidak ada EBM perihal ke"ampuhan"nya
Tidak ada negara menjual moloco ke pasien selain di Indonesia.

3. VITAMIN DAN KOLUSTRUM - HIKMAH - 270605
Dear... Tuhan sudah membekali kita dengan sistem imun yang amat sangat
canggih ... jangan underestimate dong ya.
kedua ... kekebalan tubuh ditingkatkan dengan kolustrum dan vitamin? hehehe
mari kita pakai common sense ... kalau iya bener ... tidak ada orang AIDS
meninggal .. kasih aja kolustrum buanyak buanyak hehehe
Bener para SP .. kasihan ya bayi sapi .. kolustrumnya buat anak manusia ...
Udah .. simpan saja uangnya buat tabungan pendidikan anakmu.

12. MENOPAUSE, IMBOOST - IKA M - 140705
Menopause antisipasinya bagaimana? Tenang saja, nikmati saja, mengalir saja
... lalu katakan ke saudaramu, makan sehat dan olah raga teratur ya ..
Anakmu gak papa kok dikasih imboost emangnya isinya apa .. coba kamu lihat
kandungannya apa .. echinacea kan ya ... buat apa? Lendirnya hilang karena
memang dia mau sembuh saja ... di Bangladesh Ka, vitamin dan suplkemen
dilarang ... kenapa? Karena gak ada gunanya dan hanya membuang uang saja
apalagi pemakaian jangka panjang kalau echinacea .. pasti akan menekan
sistem imun
Tabu8ng aja deh uangnya
ingus sih gak bahaya ... gak merugikan justru biar aja keluar.

10. AA DHA - LIEYA - 250805
Sebenarnya sudah sering dibahas di milis ini perihal AA dan DHA .. coba deh
buka2 lagi
Mending uangnya diutabung buat pendidikan anak kan ya hehehe
Di lain pihak, kemarin di ceramah saya bilang kalau benar AA DHA
MENCERDASKAN ... maka anak gak perlu sekolah dong ya hehehe cukup susu ini
aja ...
Artinya apa .. kita pakai common sense aja ya
BTW .. kok cuma biskuit dan air jeruk? Anakmu sudah lebih 6 bulan kan? ASI
nya yang banyak ya biar formulanya bisa sesedikit mungkin bahkan gak perlu
.. kan yg palijng bagus adalah protein ASI dari mamanya.

26. SAN B PLEX VS NAFSU MAKAN VS BAB CAIR - VIVI - 300805
Dear perihal vitamin sudah sering sekali dibahas di milis ini
Di lain pihak, dalam dunia kedokteran belum ditemukan apa yang namanya obat
untuk meningkatkan nafsu makan
Jadi kamu percuma saja memberikan vitamin itu
Di lain pihak bisa saja Bagas Bab cairnya karena tidak tahan dengan pewarna
atau perasa atau pengawet si vitamin
Kurus? Ah kamu ada2 saja .. sudah diplot belum BB dan TBnya di kurva
pertumbuhan anakmu ... pasti masih di area normal ... jangan menilai anak
kurus dari penglihatan kamu saja ya ...
MPASI? Aduuuh kan Bagas baru 5 bulan .. nanti dong kalau 6 bulan.

3. PROLACTA BUAT BABY - RAHMAWATI - 210905
Prolacta bikin cerdas? Ahhh kan banyak bayi cerdas tidak pernah tersentuh
prolacta ... stimulasi dan kasih sayang, ASI dan MPASI yang benar dan sehat
... bukankah itu yang membuat bayi cerdas?
Ketika hidup susah dan semakin kompetitif, ketika lapangan kerja sulit ...
bekali anakmu dengan pendidikan yang baik .. diawali di rumah ... nah
tabung saja ya uangnya ... ASI jauh melebihi prolacta kan ya.

6. ANAK 3 TAHUN TAK NAFSU MAKAN - IMUNOS & VISTRUM - YANA A - 071005
Dear Yana .. milis ini BUKAN MENGAJAK orang tua untuk tidak mempercayai
dokter ... melainkan untuk turut memikul tanggung jawab perihal
pemeliharaan kesehatan anak ... caranya ya dengan meningkatkan pengetahuan.
Jadi jangan sampai ... kalau berdasarkan pengetahuan yang valid ternyata
kita memurtuskan tidak memakai obat atau resep yang diberikan ... lalu
diartikan sebagai upaya tidak mempercayai ... ilmu kan terus berubah ..
ilmu kan terkait transparansi alias keterbukaan
Jangan juga diartikan bahwa kalau kita percaya lalu apapun yang diberikan
ditelan ... kan kalau kita belanja alat elektronik juga kita ngecek sana
sini dulu ... hehehe

Anak tidak mau makan solusinya bukan "obat" ini karena dalam dunia
kedokteran tak ada vitaminb penambah nafsu makan ...
Menu nya saja dan strateginya yang diotak atik seperti yang sering
dikemukakan di milis ini
Vistrum katanya isinya kolustrum sapi ... hehehe kasihan bayi sapi .. tapi
kita pakai akal sehat saja deh ... kolustrum berapa ratuis atau ribu sapi
dibutuhkan untuk memproduksi suplemen2 seperti itu?

FLEK ... nah dalam dunia kedokteran tak ada istilah flek .. TBC atau bukan.
jadi tanyakan pada DSAmu ... apa penyakit anakmu TBC? kalau TBC pada anak
ya gak usah ronsen diagnosisnya ... habis terapi juga gak sah ronsen ...
mau lihat apa? Infiltrat kan bisa terlihat pada banyak sekali kondisi
termasuk batuk pilek.

4. BAYI 6 BULAN BUTUH SUSU FORMULA?; IMUNISASI SIMULTAN? - PEOLITA - 121005
Heheheh kamu pasti sudah terlalu bijak ketimbang otomatis memberikan susu
formula .. ASI ASI dan ASI ... wah itu sih nutrisi terbaik buat anakmu.

On 12/27/05, [EMAIL PROTECTED] <
[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Dear BA-ers,
> Similar dengan mbak Uci, kalau sevenseas (CMIIW), apa sih  manfaatnya bagi
> anak  ? dalam hal ini anak  11 bulan ? please sharing donk
>
> Wirza Arifianto
> PT. BJ Services Indonesia
> Beltway Office Park Building C, 5th floor
> Jl. Letjen T.B Simatupang No.41
> Jakarta 12550
> Ph. 021 7806343
>

> BuNdA Uci <[EMAIL PROTECTED]>

> [...]