Sumber : Arlangga University Press 1988 ( Prof. Dr. dr. H. Askandar
Tjokroprawiro

PENDAHULUAN ( 1 )

Pada tahun 1552 sebelum masehi, di Mesir dikenal penyakit yang ditandai
dengan sering kencing dan dalam jumlah yang banyak ( yang disebut :
Poliurial ), dan penurunan berat badan yang cepat tanpa disertai rasa
nyeri. Kemudian pada tahun 400 sebelum masehi, penulis India sushratha
menamakan penyakit tersebut : penyakit kencing madu ( honey urine disease
).

Akhirnya, Aretaeus pada tahun 200 sebelum masehi adalah orang yang pertama
kali memberi nama : Diabetes, berarti ?mengalir terus?, dan Mellitus
berarti ?manis?. Disebut Diabetes, karena selalu minum dan dalam jumlah
banyak ( Polidipsia ), yang kemudian ?mengalir? terus berupa air seni (
urine ); disebut Mellitus karena air seni penderita ini mengandung gula (
manis ).

Pada dasarnya, Diabetes Mellitus atau penyakit kencing manis disebabkan
hormon INSULIN penderita tidak mencukupi, atau tidak dapat bekerja normal,
sedangkan hormon insulin tersebut mempunyai peranan utama untuk mengatur
kadar glukosa ( = gula ) didalam darah sekitar 60 ? 120 mg/dl waktu puasa
dan di bawah 200 mg/dl pada dua jam sesudah makan.

Sejak ditemukan hormon insulin pada tahun 1921 oleh Banting dan Best di
Kanada, maka angka kematian dan keguguran ibu-ibu diabetes yang hamil
makin berkurang.

Akhirnya pada tahun 1954 Franke dan Fuchs mencoba tablet OAD ( Obat Anti
Diabetes ) pada manusia, yang akhirnya temuan OAD ini berkembang pesat
dengan berbagai jenis dan indikasi penggunaanya..

Maksud informasi ini bukanlah untuk membuat takut bagi pembaca terhadap
komplikasi yang mungkin terjadi pada Diabetes Millitus, melainkan
bertujuan agar pembaca :

1.      Mengenal apakah Diabete Millitus itu
2.      Mengetahui bahwa Diabetes Millitus adalah penyakit yang tidak
berbahaya
asal tidak diremehkan
3.      Terlatih untuk melalukan usaha pencegahan terhadap Diabets Millitus
4.      Mengetahui bahwa diit memegang peranan utama dalam pengobatan
Diabetes
Millitus
5.      Dapat melaksanakan diit diabetes yang benar, agar yang terkena
Diabetes
Millitus dapat sehat kembali

Bersambung di Bag. 2
Maaf nih, bagian kedua belum ada...ntar aku posting deh kl dah kluar....

On 1/5/06, Sofie <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Dear Moms & Dads,
>
> Mohon masukannya dong.. utk penderita diabetes
> makanan or buah2an apa aja yang tidak boleh dikonsumsi
> or ada artikel, menu utk penderita diabetes..
>
> Mbak Intan biasanya tau banyak mengenai kesehatan
> mohon masukannya mbak..
>
> Salam,
> Sofie

> [EMAIL PROTECTED]

Muslifa Aseani
Jalan Kanfer Utara V 246 Banyumanik Semarang
http://www.bayipertama.com?id=lucky
http://www.smsbisnis.com/?id=08179555736 [Semua no, kecuali Pro XL]
http://www.myidol88.blogspot.com [klik iklan gugelku sminggu sekali
yaaa....dolar hunting nih]
Open Minded&Positive Thinking, Good Combination 4 Ur Brain

Kirim email ke